Jokowi dan Foto Pemuda Bergaya Punk

| 25 Aug 2018 13:48
Jokowi dan Foto Pemuda Bergaya Punk
Foto yang katanya pemuda punk mirip Jokowi. (Foto diambil dari Instagram @aganharahap)
Jakarta, era.id - Sebuah foto hitam putih yang menggambarkan seorang pemuda menggunakan jaket,kaos dengan tulisan nama band Sex Pistol, dan rambut acak-acakan mendadak viral. Sebabnya, foto pemuda tersebut mirip dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahkan disebut foto Jokowi di kala muda.

Usut punya usut, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital yang diunggah akun Instagram @aganharahap. Seniman rekayasa digital itu mengunggah karyanya pada Kamis (23/8/2018). Saat dilihat era.id Sabtu (25/8) pukul 13.30 WIB, unggahan ini mendapatkan 17.000 lebih likes dan 1.466 komentar.

 

 

Belum lama ini saya berkesempatan untuk berjumpa ke kediaman seorang senior mantan dedengkot punk tanah air yang kini dikenal sebagai salah satu kolektor keris. Ditemui di kediamannya dibilangan Jatinegara, beliau yang meminta agar identitasnya dirahasiakan, bercerita tentang awal pergerakan punk di Indonesia. . Beliau juga menyayangkan tentang stigma negatif yang kerap disematkan pada anak-anak punk. Menurutnya orang hanya melihat tampilan luarnya saja. Ia lalu bercerita tentang pandangan punk yang mencakup kebebasan individu, anti-otoritarianisme, etika DIY, dsb. “Tapi kesemuanya itu tentu kembali pada pribadi lepas pribadi, dik. Tidak sedikit anak-anak punk yang dulu di cap urakan itu sekarang sukses jadi orang”, tambahnya seraya mengeluarkan sebuah album foto lama. . Dengan hati-hati beliau membuka tiap lembaran di album itu. Ia menunjuk beberapa foto kawan-kawannya, sesama pionir punk Indonesia, yang kini sukses menjadi pengusaha, pejabat pemerintah, bahkan tokoh agama. . Beliau yang sejak tadi aktif bercerita, tiba-tiba terdiam. Matanya memandang lurus pada sebuah foto di album itu. “Kalo sahabat saya yang satu ini sekarang sudah jadi anak metal, dik”. Ujarnya sambil tersenyum penuh arti setelah saya menanyakan siapa orang yang ada di foto itu. . Obrolan kami meluas ke ranah agama, politik sampai kepada pemeran pengganti presiden dalam gelaran Asian Games yang baru lalu itu. "Ah, kalo dia masih muda kayak dulu, mungkin ga perlu pake stuntman.." Gumamnya perlahan sambil menerawang. "Loh, bapak kenal sama presiden?" Tukas saya cepat. Lagi-lagi beliau hanya tersenyum penuh arti. . Hari menjelang sore dan saya pun mohon pamit karena saya harus mengejar kereta yang akan membawa saya pulang ke Jogja. . Kereta bergerak perlahan meninggalkan Jakarta. Dari balik jendela, lampu-lampu di sepanjang jalan tampak bagai fragmen-fragmen terpisah yang berkelindan dengan cepat. Lagu 'Rise Above' dari Black Flag mengiringi saya menuliskan kisah ini kepada anda.

A post shared by Agan Harahap (@aganharahap) on

Selain foto, unggahan itu disertai keterangan yang bercerita tentang sosok 'saya' yang bertemu dengan seorang dedengkot punk tanah air. Pertemuan itu mengulas tentang pergerakan punk di Indonesia sambil membuka lembaran album foto. Perbincangan mereka pun diceritakan membahas banyak hal, mulai dari agama, politik, hingga Asian Games. Di akhir cerita, pertemuan ini pun harus diakhiri karena sosok 'saya' harus pergi mengejar kereta tujuan Yogyakarta.

Foto ini dianggap serius oleh Presiden Joko Widodo. Lewat media sosialnya, baik Facebook, Twitter, dan Instagram, Jokowi membantah foto yang viral itu adalah dirinya. Dia juga membantah menjadi bagian dari pencinta musik punk. Padahal, sudah banyak yang tahu, presiden Jokowi itu suka musik metal.

Dalam klarifikasinya, Jokowi mengatakan dirinya adalah seorang pecinta alam. Dia pun membubuhkan foto masa mudanya yang sedang memasak mi instan bersama teman-temannya, sebagai penguat klarifikasinya itu. Di foto tersebut, Jokowi menggunakan jaket dan topi sambil memegang kecap.

 

Kembali ke Instagram @aganharahap lagi, unggahan Presiden Jokowi itu pun diunggah ulang oleh dia. Dia pun mengakui kalau foto yang sempat viral itu adalah sebuah karya keisengannya dan dia mengucapkan terima kasih karena unggahannya itu ditanggapi Presiden Jokowi. Tak lupa, unggahannya itu dibubuhi emoticon peace, hati dan metal.

 

 

Terimakasih sudah menanggapi keisengan saya, pak presiden! ??????????????

A post shared by Agan Harahap (@aganharahap) on

Supaya kamu tahu, Instagram @aganharahap telah mengunggah 1.277 foto. Unggahannya itu berisi karya seninya yang berbentuk rekayasa digital tentang artis dalam dan luar negeri. Selain karya seninya, unggahan di Instagaramnya ini juga menampilkan beberapa kegiatan pribadinya serta foto keluarganya.

Akun ini ternyata juga sempat mengunggah gambar yang sempat kontroversial lainnya. Yaitu gambar mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang diunggah pada 18 Oktober 2016. Unggahan ini bahkan sempat dijadikan bahan untuk memperkeruh situasi politik saat itu, saat Pilkada DKI Jakarta sedang digelar, dan Ahok tersangkut kasus penistaan agama.

 

 

??????????

A post shared by Agan Harahap (@aganharahap) on

Rekomendasi