Menparekraf Gandeng Qatar Airways Tingkatkan Wisatawan Mancanegara

| 04 Feb 2023 20:45
Menparekraf Gandeng Qatar Airways Tingkatkan Wisatawan Mancanegara
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Antara)

ERA.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan kerja sama dengan Qatar Airways sebagai upaya mengembangkan pemasaran destinasi pariwisata Indonesia sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air.

"Kerja sama ini dalam upaya promosi bersama termasuk beberapa program lainnya seperti kolaboratif marketing, digital advertising, dan kerja sama lainnya yang pada akhirnya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu (4/2/2023).

Kerja sama ini ditandai dengan Penandatanganan MoU antara Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini dengan Vice President Sales Qatar Airways Jared Lee di JW Marriott Hotel Yogyakarta, bersamaan dengan ajang Internasional 'Asean Tourism Forum'.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap kerja sama terjalin dalam jangka panjang dan bisa menjadi pintu bagi kerja sama strategis dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Sehingga dapat bersama-sama memajukan pariwisata dan juga ekonomi kreatif di Indonesia.

Sandiaga Uno juga mengatakan Qatar Airways sebagai salah satu maskapai internasional terbesar dunia memiliki peran sentral dalam distribusi wisatawan.

Doha merupakan hub yang sangat sibuk yang menghubungkan berbagai kota di belahan dunia. Sandi pun berharap kerja sama ini dapat meningkatkan jumlah penerbangan langsung serta kapasitas kursi penumpang.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai dua hal itu merupakan faktor terpenting dalam upaya mencapai kunjungan wisman. Ditargetkan pada tahun ini mencapai 7,4 juta wisatawan.

"Doha ini adalah hub yang sangat sibuk untuk penerbangan dari Eropa, karenanya kita bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Eropa ke destinasi Indonesia melalui hub Doha. Juga India, karena India menjadi salah satu sasaran pasar yang sedang kita kembangkan dan beberapa inisiatif lainnya dalam mempromosikan destinasi-destinasi tanah air," kata Sandiaga Uno.

Dengan adanya kerja sama ini, Qatar Airways diharapkan dapat menambah jumlah penerbangan langsungnya ke Jakarta dan Bali serta destinasi lain tanah air.

"Inilah kerja sama yang ingin kita lebih tingkatkan, lebih pererat untuk kebangkitan dan percepatan pemulihan sektor pariwisata," kata Sandiaga.

Rekomendasi