Sukabumi Diguncang Gempa M4,0, Getarannya Seakan Ada Truk Berlalu

| 28 Feb 2023 20:55
Sukabumi Diguncang Gempa M4,0, Getarannya Seakan Ada Truk Berlalu
Gempa Sukabumi M4,0. (BMKG)

ERA.id - Wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, hari Selasa (28/2/2023) pukul 20:11:48 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,0. Episenter terletak pada koordinat 7.03 LS dan 106.64 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 3 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta.

Ia menuturkan, bahwa dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kota Sukabumi, Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

Kemudian, di Bogor, Lebak, dan Bayah dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

"Hingga pukul 20:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," katanya.

Rekomendasi