Tiga WNI yang Disandera Setahun di Filipina Akhirnya Bebas

| 17 Sep 2018 11:29
Tiga WNI yang Disandera Setahun di Filipina Akhirnya Bebas
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Tanpa banyak yang tahu, ternyata ada beberapa WNI yang disandera di Filipina oleh kelompok separatis sejak Januari 2017 lalu. Ada tiga orang yang berhasil dibebaskan pasukan bersenjata Filipina.

"Untuk saat ini saya hanya bisa mengatakan, mengkonfirmasikan bahwa itu benar," kata Wamenlu AM Fachir di Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/9/2018).

Militer Filipina berhasil membebaskan tiga warga negara Indonesia, Minggu (16/9) sekitar pukul 16.00 waktu setempat di sebuah daerah terpencil dekat Kota Indanan, Provinsi Sulu.

Mereka diculik 18 Januari 2017 lalu ketika sedang menumpang perahu cepat di perairan Pulau Taganak, Provinsi Tawi-Tawi, Filipina selatan. Wamenlu bilang, tiga WNI ini dalam kondisi sehat.

"Insya Allah satu dua hari ini ada perkembangan dan kita akan sampaikan karena saat ini tidak bisa menyampaikan detailnya dulu karena menyangkut pertimbangan keamanan," kata Fachir.

"Artinya, kita sudah mengkonfirmasi itu bebas dan akan segera dipulangkan, " katanya. Ketiga orang tersebut sudah berada di tangan duta besar Indonesia di selatan Kota Zamboanga.

Tags : filipina
Rekomendasi