Catat! Tanggal 21 April Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

| 15 Apr 2023 19:10
Catat! Tanggal 21 April Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik di Stasiun Gambir dan Pasar Senen
Para pemudik memadati ruang tunggu Stasiun Gambir di Jakarta, Sabtu (15/4/2023). PT KAI memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 21 April 2023. ANTARA

ERA.id - Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daops 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan bahwa puncak arus mudik di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen diperkirakan terjadi pada 21 April 2023.

Menurut Eva, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada 17-23 April. Adapun tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 88 hingga 100 persen, dengan volume pemudik tertinggi tercatat pada 21 April.

Meski demikian, para pemudik sudah mulai memadati stasiun pada Sabtu atau sekitar sepekan menjelang Lebaran. Tercatat ada sekitar 14.000 orang yang berangkat dari Stasiun Gambir hari ini, dengan layanan 38 kereta api (KA) yang beroperasi, kata Eva dalam keterangannya.

Salah seorang pemudik, Yuli (43) mengatakan waktu sepekan sebelum Lebaran merupakan waktu yang tepat bagi dia dan anaknya untuk pulang ke kampung halaman di Tegal.

Dia bersyukur tiket KA menuju Tegal masih tersedia meski dia baru memesan dua hari sebelum keberangkatan.

“Saya memilih kereta api karena lebih nyaman dan lebih cepat sampai tujuan. Dan Stasiun Gambir juga terbilang nyaman stasiunnya,” kata Yuli saat ditemui di Stasiun Gambir.

Pada masa Angkutan Lebaran 2023, PT KAI Daops 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 juta tiket KA jarak jauh, dengan total 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen selama periode 12 April hingga 3 Mei.

Jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA tambahan sebanyak 303 KA.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Rekomendasi