Viral! Pesantren Al Zaytun Indramayu Nyanyikan Lagu Yahudi Israel di Masjid

| 10 May 2023 19:20
Viral! Pesantren Al Zaytun Indramayu Nyanyikan Lagu Yahudi Israel di Masjid
Tangkapan layar pimpinan Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang saat menyanyikan lagu dari Israel dalam masjid.

ERA.id - Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, kembali membuat heboh masyarakat khususnya umat Islam Indonesia setelah pimpinannya mengajak menyanyikan lagu khas Yahudi Israel di masjid pesantren.

Dalam video yang tersebar di media sosial, Panji Gumilang, pendiri sekaligus pemimpin Pesantren Al Zaytun, meminta seluruh tamu dan santri menyanyikan lagu Hevenu Shalom Alechem yang merupakan satu dari lagu favorit orang Yahudi Israel dengan bahasa Ibrani.

Terekam pula Lucky Hakim yang kala itu masih menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu. Ia terlihat kebingungan dengan lagu yang terdengar asing dibawakan dalam masjid.

Video tersebut disebarkan oleh aktivis pembebasan Palestina Muhammad Husein Gaza dalam kanal Youtubenya.

"Saya kaget di video yang saya lihat bikin geleng-geleng," ucap Husein. "Pimpinan ponpes Al Zaytun Panji Gumilang dia mengajak ratusan jamaah yang hadir dalam masjid loh bersama-sama melantunkan salam yang gak biasa."

Dalam video tersebut terlihat Panji Gumilang meminta tamu untuk berdiri dan menyanyikan lagu Hevenu Shalom Alechem.

"Ini parah banget sih temen-temen, jadi lagu Hevenu Shalom Alechem ini salah satu lagu tradisional favorit orang-orang Yahudi yang biasa dinyanyikan di hari Jumat malam Sabtu," ujar Husein.

Seluruh tamu undangan lalu diminta menjawab salam menggunakan nyanyian dari Israel tersebut.

"Saya mengajak semua saudara untuk menjawabkan salam. Tidak Assalamu'alaikum saja. Sambil bernyanyi kita ucapkan kepada sahabat kita Havenu Shalom Aleichem," ucap Panji Gumilang.

Potongan video tersebut pun mendapat respon keras dari netizen di Twitter.

"Liat di Tiktok ada yg ngomong itu pesantren udh bermasalah dr dulu, MUI aja pernah ngeluarin rekomendasi ke pemerintah buat dibubarin tp kenyataannya msh aja berdiri smpe skrg," komentar akun @gaalan***.

"Udh paling bner d mesjid gosah nyanyi," lanjut akun @mengsime***.

"Yang lebih kaget kenapa santrinya juga hafal, udah lama ini keknya gak cuma kali ini aja," tulis akun @itsyonive***.

Sebelumnya, Pesantren Al Zaytun sempat viral saat video salat Idul Fitri di sana tersebar luas. Dalam video yang dulu, tampak saf salat mereka bercampur antara laki-laki dan perempuan.

Panji Gumilang selaku pimpinan pesantren juga beberapa kali mengungkapkan pernyataan kontroversial, salah satunya bahwa pesantrennya mengikuti mazhab Sukarno.

 

Rekomendasi