Gagasan Brilian Ridwan Kamil untuk Kanal Cikarang

| 28 Sep 2018 15:44
Gagasan Brilian Ridwan Kamil untuk Kanal Cikarang
Gagasan Ridwan Kamil soal Kanal Cikarang (Facebook)
Jakarta, era.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil punya ide keren untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di Tol Bekasi-Jakarta. Salah satunya dengan membuat inovasi di Kanal Cikarang.

Gagasan pria yang akrab disapa Kang Emil itu diunggahnya di Facebook. Kang Emil menggambar desain dari Kanal Cikarang yang disebutnya Inland Waterway Cikarang Bekasi Laut. 

"Inovasi ini adalah membuat kanal lebar dari laut yang masuk ke daratan agar kontainer-kontainer bisa diangkut lewat jalur air ketimbang lewat tol menuju Tanjung Priok," tulis kang Emil di akun Facebooknya, Jumat (28/9/2018).

Kang Emil meyakini, upayanya ini dapat menghilangkan aktivitas dari 4.000 truk kontainer yang lalu-lalang tiap harinya di tol. Dia berharap inovasinya ini dapat menjadi solusi dari semua pihak.

"Sedang distudi apakah Kanal Cikarang ini bisa juga sebagai jalur angkutan penumpang manusia menuju Jakarta. Mohon doanya. Hatur Nuhun," lanjut Kang Emil.

Enggak cuma inovasinya soal Kanal Cikarang. Kang Emil juga sudah mulai menunjukkan gambaran desain dari Kalimalang yang baru. Ia pun menawarkan ke masyarakat kegiatan apa saja yang perlu diadakan di Kalimalang, Bekasi.

 

"PROGRES DESAIN KALI MALANG, Kota Bekasi per 26 September 2018. Warga Bekasi mau ada kegiatan keren apa disana yang harus ada ? Wedding Garden? LDR corner?," tulis Kang Emil.

Kang Emil menyebut bahwa setiap kota atau kabupaten di Jawa Barat akan memiliki kesempatan yang sama. Yakni penataan tata ruang untuk masyarakatnya.

"SETIAP KOTA/KAB akan mendapatkan giliran penataan kawasan dan tata ruang dari hibah Provinsi. Tunggu aja tanggal mainnya. Nuhun," pungkas dia.

Ide, dari Ridwan Kamil itu langsung direspon warganet. Tak sedikit dari mereka berharap gagasan itu segera direalisasikan.

"Keuntungan insinyur jadi eksekutif, delivery kebijakannya bisa cepat - terukur," tulis warganet di Twitter.

 

Rekomendasi