Menteri PUPR Bakal berkoordinasi dengan Ketum PSSI Soal Kesiapan JIS untuk Piala Dunia U-17

| 29 Jun 2023 14:05
Menteri PUPR Bakal berkoordinasi dengan Ketum PSSI Soal Kesiapan JIS untuk Piala Dunia U-17
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan keterangan kepada awak media di Kementerian PUPR, Jakarta pada Kamis (29/6/2023). ANTARA/Aji Cakti

ERA.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siap berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir terkait kesiapan dan evaluasi Stadion Jakarta International Stadium (JIS) untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya, kalau memang perlu direnovasi, direnovasi," ujar Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Dia mengatakan akan melakukan pengecekan terhadap JIS, setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Erick Thohir.

Menurut Basuki, hal yang krusial terkait stadion JIS adalah akses dan parkir. Pengalaman konser musik Dewa di JIS sebelumnya menunjukkan bahwa penonton konser mengalami kesulitan saat pulang dari JIS.

"Nanti akan kami evaluasi dulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir," katanya.

Terkait kesiapan stadion-stadion yang sebelumnya untuk Piala Dunia U-20 bisa digunakan bagi Piala Dunia U-17, Basuki menyatakan stadion-stadion tersebut siap untuk digunakan.

Sebanyak 26 stadion disiapkan untuk Piala Dunia U-20, dengan enam stadion utama untuk pertandingan berlokasi di Palembang, Jakarta, Solo, Bandung, Bali, dan Surabaya.

​​​​​

Basuki mengatakan stadion-stadion tersebut masih layak karena bagian-bagian pencahayaannya, rumputnya, dan strukturnya semua sudah sesuai dengan standar FIFA. Kalau pun terdapat perbaikan hanya perbaikan-perbaikan kecil.

"Kalau untuk U-20 dulu itu sudah siap. tapi stadion-stadion itu sudah dipakai. Bapak Ketum PSSI mengatakan bahwa FIFA akan datang lagi untuk melakukan pengecekan, saya belum tahu kapan FIFA akan melakukan pengecekan. Saya akan menghubungi dan berkoordinasi dengan Ketum PSSI terlebih dahulu, mudah-mudahan sekarang saya bisa ikut untuk melakukan pengecekan," ujarnya.

Pada April 2023, Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu. Hal tersebut yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

Indonesia kemudian ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. Sejauh ini, FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Rekomendasi