BMKG: Hujan Diprakirakan Guyur Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi

| 08 Jul 2023 11:05
BMKG: Hujan Diprakirakan Guyur Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi
Lustrasi - Umat Islam berjalan menerjang hujan deras untuk melaksanakan shalat Jumat di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp/pri.)

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa hujan akan mengguyur sebagian wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Sabtu (8//7) 2023.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, disebutkan ibu kota provinsi yang diprakirakan hujan ringan pada Sabtu (8/7) siang yakni Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjungpinang, Manokwari, Pekanbaru, dan Palembang.

Sementara wilayah Pontianak, Mataram, dan Medan diprakirakan hujan sedang.

BMKG mengimbau masyarakat di Bandar Lampung, Ambon, dan Manado untuk waspada akan terjadinya hujan disertai petir di siang hari, juga di wilayah Jambi pada malam hari.

Wilayah Bandar Lampung dan Medan diprakirakan hujan lebat di malam hari.

Sedangkan cuaca berawan akan menyelimuti wilayah Jambi, Semarang, Samarinda, Ternate, Kota Jayapura, Mamuju, Kendari, dan Padang pada siang hari ini.

BMKG juga memprakirakan beberapa wilayah Ibu Kota Provinsi cerah berawan, yakni Banda Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Tarakan, Kupang, dan Makassar.

Sebelumnya, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo juga mengingatkan masyarakat pesisir untuk waspada potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 8-9 Juli 2023.

Tinggi gelombang 4-6 meter berpotensi terjadi di perairan barat Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Mentawai-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Pulau Jawa, dan Samudera Hindia selatan Jawa-NTB.

"Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap pelayaran," demikian Eko Prasetyo.

Rekomendasi