Terpisah dari Rombongan, Satu Haji Asal Majalengka Belum Ditemukan hingga Kini

| 10 Jul 2023 21:15
Terpisah dari Rombongan, Satu Haji Asal Majalengka Belum Ditemukan hingga Kini
Jamaah haji saat turun dari pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Minggu (9/7/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

ERA.id - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Jawa Barat Agus Sutisna mengatakan terdapat seorang haji dari kelompok terbang (kloter) 10 yang terpisah dari rombongan, dan belum ditemukan hingga saat ini.

"Kalau jamaah haji yang terpisah dan belum ditemukan ada satu orang," kata Agus di Majalengka, Senin (10/7/2023).

Agus mengatakan peserta haji yang terpisah dari rombongan dan belum ditemukan sampai saat ini yaitu bernama Suharja (70) berasal dari Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka.

Menurutnya, Suharja terpisah dari rombongan saat pelaksanaan puncak haji yaitu di sekitar Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), dan petugas pun terus berusaha mencari keberadaan yang bersangkutan.

"Suharja terpisah dari rombongan mulai pelaksanaan Armuzna, sampai hari ini juga belum ditemukan," tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan petugas yang berada di Arab Saudi, karena itu kewenangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Agus memastikan pencarian yang bersangkutan sudah dilakukan secara maksimal, apalagi sebelum puncak haji Armuzna juga sudah dikosongkan, begitu juga ketika pelaksanaan selesai, dan Suharja juga belum ditemukan.

Ia menjelaskan bahwa kloter 10 yang merupakan rombongan dari Suharja, saat ini sudah berada di Madinah, untuk melakukan ziarah, karena satu minggu ke depan juga akan dipulangkan ke Indonesia.

"Ini kewenangan PPIH Arab Saudi, mereka sudah mencari secara maksimal. Kami berharap bisa segera ditemukan dalam kondisi apa pun," katanya.

Rekomendasi