Antonius Gunawan Agung adalah Pahlawan Kita Semua

| 06 Oct 2018 20:09
Antonius Gunawan Agung adalah Pahlawan Kita Semua
Antonius Gunawan Agung semasa hidup. (Foto: Instagram: @icoze_ricochet)
Surabaya, era.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut petugas Air Traffic Control (ATC) Antonius Gunawan Agung pahlawan saat terjadi gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Dilansir dari Antara, Rini mengatakan, sikap kepahlawanan Agung dilihat dari tindakannya yang rela mengorbankan jiwa dan raga untuk menyelamatkan penumpang yang lepas landas di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu, sebelum luluh lantak diterjang gempa.

"Agung adalah pahlawan untuk kita semua. Dia rela mengorbankan jiwa dan raganya demi menyelamatkan penumpang di pesawat yang akan lepas landas," ujarnya di sela penutupan IBD Expo 2018 di Convex Grand City Surabaya, Sabtu (6/10/2018).

Menurut dia, langkah yang dilakukan Agung merupakan teladan untuk masyarakat di Indonesia, termasuk bagi seluruh karyawan perusahaan BUMN, karena mengutamakan pelayanan dan keselamatan, sementara kepentingan dirinya dinomorduakan.

Selain itu, Pada kesempatan ini, Rini pun memberikan apresiasi berupa donasi yang diberikan kepada keluarga Antonius Agung.

"Antonius Agung sangat patut dan layak untuk dihargai. Dia adalah pahlawan dan akan terus menjadi pahlawan," ucapnya.

Kisah Agung muncul di media sosial, Instagram. Kisah heroik Agung dengan cepat menyebar di jagat maya, setelah Captain Mafella, pilot pesawat Batik Air ID 6231 yang terakhir meninggalkan Palu, menceritakan kejadian tersebut di Instagram pribadinya.

Mafella berterima kasih kepada Agung yang memandunya hingga pesawat yang dia bawa bisa lepas landas dengan baik. Bahkan, Mafella sempat melihat Agung melompat dari menara pandu setelah menjalankan tugasnya. Dia melompat karena bangunan tersebut akan runtuh setelah digoyang gempa.

"‘Batik 6231 runway 33 clear for take off’. This was his last transmission to me then we replied. 

Thank you for keeping me and guarding me till I’m safely airborne. Then he jumped out of tower broke his leg and arm. Wing of honor for Anthonius Gunawan Agung as my guardian angel at Palu. Rest peacefully my wing man. God be with you."

 

Rekomendasi