Jelang Pertemuan IMF-WB di Bali

Tim Editor

Persiapan IMF (dok istimewa)

Bali, era.id - Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde bersama Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani berkesempatan menanam terumbu karang di Pantai Nusa Dua, Bali. Kegiatan ini dilakukan sebelum Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 pada 8-14 Oktober 2018.

Christine Lagarde, mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menyediakan biota laut yang akan meningkatkan kualitas hidup flora dan fauna di bawah laut.

"Keunikan bahari tersebut harus dijaga, sebagai kekayaan negeri ini," ujar Lagarde, seperti dikutip dari Antara, Minggu (7/10)

Indonesia memiliki 60 persen terumbu karang yang berada di dunia. Sayangnya, terumbu karang sangat mudah rusak akibat berbagai sebab, termasuk perubahan iklim dan kegiatan destruktif di tempat-tempat wisata.

"Penanaman terumbu karang diharapkan dapat menghasilkan aquarium bawah air yang unik dan indah," tambah Lagarde.

Lagarde bersama Luhut, Perry dan Sri Mulyani turut memasang langsung karang pada struktur penyangga yang kemudian akan diletakkan di dasar laut oleh para relawan.

Diperkirakan sekitar 32 ribu delegasi termasuk Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara akan hadir di pertemuan yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.



Persiapan IMF-WB

Menjelang dimulainya pertemuan tahunan IMF-WB di Bali, jumlah peserta yang datang terus meningkat menjadi 34.000 orang setelah sebelumnya menyentuh angka 32.000. Angka ini jauh berada di atas perkiraan pemerintah yakni 19.000 orang.

 “Sekarang peserta sudah lebih dari 34 ribu, kita perkirakan tadinya hanya 19.000,” ungkap Menko Luhut saat memberikan arahan kepada 560 orang Liaison Officer (LO), Sabtu (6/10).

Luhut mengharapkan momen ini sebagai ajang yang baik untuk mempromosikan Indonesia. “Ini momen yang bagus sekali buat kita untuk mempromosikan Indonesia. Tugas kalian adalah meyakinkan mereka bahwa Indonesia ini adalah negara yang besar,” pesan Menko Luhut.

 

Tag: pertemuan imf-wb di bali

Bagikan: