China Tangkap Kepala Interpol

| 08 Oct 2018 11:37
China Tangkap Kepala Interpol
Ilustrasi (Pixabay)
Beijing, era.id - Teka-teki hilangnya bos Interpol, Meng Hongwe selama ini terjawab. China sudah mengonfirmasi telah menahan salah satu warga negaranya itu karena sedang dipantau Komisi anti-korupsi negeri itu.

Meng Hongwei adalah warga China pertama yang jadi orang nomor satu di Kepolisian Internasional (Interpol). Hongwei pamit dari kantor Interpol di Lyon, Prancis pada 25 September lalu menuju China. Dan sejak itu, sosoknya seperti lenyap seperti ditelan bumi. 

Kabar menghilangnya Hongwei muncul setelah istrinya, Grace Meng melapor. Sebelum menghilang, Grace mengaku sempat dihubungi Hongwei,  "tunggu panggilan saya". Setelah itu Hongwei mengirim emotion pisau.

China sudah memastikan mereka menahan kepala Interpol Hongwei. Pihak Beijing bilang, wakil menteri keamanan China itu lagi diselidiki oleh badan anti-korupsi negara itu karena pelanggaran hukum yang tidak ditentukan.

"Wakil Menteri Keamanan Publik Meng Hongwei saat ini sedang diselidiki oleh Komisi Pengawas Nasional untuk dugaan pelanggaran hukum," kata badan antikorupsi Cina dalam pernyataan singkat di situs seperti dilansir ABC, Senin (8/10/2018).

Dalam laman resmi, Interpol menulis 7 Oktober kemarin, Sekjen Interpol di Lyon, Prancis sudah menerima pengunduran diri Meng Hongwei dari puck pimpinan. Interpol untuk sementara waktu akan dipimpin dulu oleh Wakil Presiden Senior Kim Jong Yang dari Korea Selatan.

Interpol akan kembali memilih pimpinanya pada Sidang Majelis Umum ke-87 di Dubai, 18-21 November 2018 mendatang. Kasus yang menimpa Hongwei diyakini tak akan mengganggu tugas mereka untuk membantu petugas penegak hukum di seluruh dunia mengamankan perbatasan mereka, melindungi warganya, mencegah dan menyelidiki kejahatan, dan meningkatkan kerja sama polisi global.

Tags :
Rekomendasi