Begini Kata Polda Jabar Soal Bripka Syarif Ditangkap: Dia Masih Dinas Seperti Biasa

| 19 Aug 2023 16:34
Begini Kata Polda Jabar Soal Bripka Syarif Ditangkap: Dia Masih Dinas Seperti Biasa
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Polda Metro Jaya menyebut satu tiga anggota Polri, yakni anggota Renmin Samapta Polres Cirebon, Bripka Syarif Mukhsin ditangkap karena diduga terseret kasus senjata api (senpi) ilegal.

Polda Jawa Barat (Jabar) angkat bicara mengenai hal tersebut dan mengaku, belum mendapat info tersebut.

"Sampai saat ini kita tidak mendapatkan info terkait permasalahan tersebut.

Dan anggota sudah dicek, anggota tersebut ada di polres dan bekerja seperti biasa," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi, Sabtu (19/8/2023).

Ibrahim belum mau bicara banyak terkait hal ini. Perwira menengah (Pamen) Polri ini hanya menyebut Polda Metro Jaya tak memberi informasi perihal Bripka Syarif yang diduga terseret kasus senpi ilegal.

"Itulah masalahnya, tidak ada konfirmasi ke Polda Jabar," ucapnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya membantah bila ada tiga anggota Polri yang ditangkap karena terlibat kasus Dananjaya Erbening (DE), pegawai KAI sekaligus teroris pendukung ISIS.

Ketiga anggota Polri itu ialah anggota Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Reynaldi Prakoso, Bripka Syarif Mukhsin, dan Kanit Reskrim Polsek Bekasi Utara, Muhammad Yudi Saputra.

"Selanjutnya terkait dengan anggota Polri, ini beredar bahwa beberapa anggota Polri terlibat jaringan teror. Kami perlu tegaskan di sini bahwa anggota Polri tidak ada hubungannya dengan jaringan teror," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (18/8).

Ketiga oknum polisi ini ditangkap karena terlibat kasus jual beli dan/atau kepemilikan senjata api (senpi) ilegal. Hengki menerangkan Reynaldi ditangkap karena menerima senpi ilegal.

Oknum polisi ini sekarang ditempatkan di tempat khusus (patsus).

"Yang kedua, Syarif Mukhsin, Renmin Samapta Polres Cirebon. Ini benar tetapi yang bersangkutan ini juga berkoordinasi dengan Reynaldi Prakoso ini. Jadi Reynaldi pernah minta bantu buatin atau upgrade senjata dari air gun ke senjata api melalui Syarif ini. Dihubungkan ke pabrik yang ada di Semarang," ucap Hengki.

Untuk Yudi Saputra, ditangkap karena anggota polisi ini menerima senpi ilegal saat diminta dititipkan oleh pelaku kasus

jual beli dan/atau kepemilikan senjata api ilegal. Namun, tak dirinci siapa pelaku itu. Hengki menegaskan Yudi bukanlah pemasok senjata ke Dananjaya Erbening.

Rekomendasi