Baku Tembak dengan KKB di Pegubin, Seorang Anggota Brimob Tewas

| 18 Sep 2023 13:29
Baku Tembak dengan KKB di Pegubin, Seorang Anggota Brimob Tewas
Anggota TNI/Polri mengevakuasi lima jenazah diduga anggota KKB yang tewas dalam saat kontak tembak, Kamis (14/9). ANTARA/HO-Humas Polda Papua

ERA.id - Kontak tembak dengan KKB di Kampung Yapimakot, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Senin, menyebabkan seorang anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz bernama Briptu Agung wafat akibat luka tembak.

Hal itu disampaikan Kasatgas Humas Damai Cartenz Akbp Bayu Suseno, dilansir Antara, Senin (18/9/2023).

Sebelumnya, dalam kontak tembak dengan aparat keamanan di Dekai, Kamis (14/9) lima KKB anak buah Yotam Buriangge dilaporkan tewas.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III Kol Czi Ign Suriastawa mengatakan lima jenazah KKB yang tewas saat baku tembak dengan Satgas Batalyon Marinir 7 di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan itu, sudah dimakamkan, Sabtu (16/9).

Menurut Surastawa, lima orang yang tewas itu merupakan anak buah Yotam Bugiangge, desertir TNI yang membelot dan bergabung dengan KKB di wilayah Nduga.

Dia mengatakan anggota KKB tersebut tewas saat kontak tembak dengan aparat TNI yang sedang melaksanakan patroli lingkungan di Dekai.

"Mereka bukan warga sipil, melainkan anggota KKB dan itu diperkuat keterangan salah satu kepala suku saat melihat lima jenazah di RSUD Dekai, " ujarnya.

Rekomendasi