Gelar Pertemuan dengan Kiai Sepuh, Anies dan Cak Imin Terbang Naik Helikopter ke Jombang

| 30 Sep 2023 08:05
Gelar Pertemuan dengan Kiai Sepuh, Anies dan Cak Imin Terbang Naik Helikopter ke Jombang
Anies Baswedan dan Cak Imin di Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur,Jumat (29/9/2023). ANTARA/ HO-panitia

ERA.id - Pasangan Bakal calon Presiden Anies Baswedan serta bakal calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, mengadakan pertemuan dengan para kiai di Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Muhaimin mengatakan, pertemuan ini sengaja digelar untuk berdoa bersama dengan harapan perjalanannya dengan Anies Baswedan dalam Pemilu 2024 bisa berjalan dengan lancar.

"Jadi, pertemuan kiai dengan bu nyai, intinya hanya mendoakan, doa bersama untuk perjalanan kami supaya lancar, selamat serta sukses," katanya di Jombang, Jumat sore (30/9/2023).

Ia mengatakan, dirinya dahulu diberangkatkan dari Jombang sebagai calon Presiden yang diusulkan dari PKB, hingga saat ini memutuskan bergandengan dengan Anies Baswedan menjadi bakal calon Wakil Presiden.

"Saya diberangkatkan dari Jombang menjadi calon Presiden, dan menjadi bakal calon Wakil Presiden dengan pak Anies. Untuk itu, kami mohon doa restu dari tempat kelahiran saya Denanyar (Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang)," kata dia.

Cak Imin dan Anies hadir di Jombang dalam safari politiknya ke sejumlah lokasi di Jatim termasuk Jombang. Rombongan berangkat pada Kamis (29/9)pagi dari Jakarta kemudian ke Banyuwangi, Jember, Pasuruan, Gresik, serta Surabaya hingga malam. Kemudian Jumat pagi di Guluk-guluk Sumenep, Ponpes Annuqayah, Ponpes At Taubah, serta Masjid Nur Muhammad.

Pasangan tersebut menumpang helikopter dan tiba di Jombang, Jumat sore ke Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang. Mereka kemudian berboncengan bersama naik sepeda motor ke lokasi acara pertemuan di Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang, tersebut.

Dalam acara itu, dihadiri sejumlah kiai sepuh, bu nyai, serta masyarakat pendukungnya. Acara digelar dengan sambutan dan doa bersama. Kegiatan doa tersebut dipimpin oleh ibunda dari Muhaimin Iskandar, Nyai Muhassonah.

Anies-Muhaimin juga mengundang kiai sepuh yang ada di Jawa Timur. Acara tersebut digelar di rumah induk pesantren atau ndalem kasepuhan. Sejumlah kiai yang diundang di antaranya, K.H. Nurul Huda Jazuli dari Pondok Ploso Kediri. Kemudian ada juga K.H. Anwar Manshur, Gus Atok, Gus Salam (K.H. Abdussalam Shohib Denanyar), dan ulama lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, pasangan Anies dan Muhaimin Iskanar juga membagikan sekitar 1.500 bibit pohon sawo kecik. Bibit itu mempunyai makna tersendiri.

"Sawo kecik ini simbol kesejahteraan dan penanda semangat juang," kata Muhaimin.

Rekomendasi