Persembahan Indonesia untuk Dunia: Pusat Gambut Internasional

| 30 Oct 2018 00:29
Persembahan Indonesia untuk Dunia: Pusat Gambut Internasional
Menteri LHK Siti Nurbaya (Istimewa)
Jakarta, era.id - Indonesia kini punya International Tropical Peatland Centre atau Pusat Lahan Gambut Tropis Internasional (ITPC) di Bogor. Ini menjadi bukti kalau Indonesia serius menjawab tantangan menjaga kelestarian ekosistem gambut

Menteri LHK Siti Nurbaya mau ITPC jadi tempat rujukan informasi dan pusat pengetahuan berbagai negara di dunia dalam tata kelola gambut. IPTC akan diresmikan Selasa (30/10) di Manggala Wanabhakti, Jakarta.

Menteri Lingkungan Hidup dari negara kaya gambut tropis lainnya, Republik Kongo, dan Direktur eksekutif Program Lingkungan PBB (UNEP), Erik Solheim, dipastikan ikut hadir. Selain perwakilan instansi pemerintah, mitra internasional, sektor swasta, masyarakat sipil dan media.

"Pusat ekosistem gambut tropis ini akan menjadi tempat belajar bagi negara lain yang ingin mengetahui tentang wilayah gambut tropis dan bagaimana merestorasi, serta merawat gambut tropis bagi kepentingan masa depan lingkungan hidup dunia," terang Menteri Siti.

Indonesia sudah punya banyak sekali hasil riset mengenai gambut. Riset-riset itu akan ditampilkan di pusat ekosistem gambut tropis tersebut.

Inisiatif tata kelola gambut Indonesia, ditegaskan Menteri Siti, datang dari Presiden Joko Widodo. Inisiatif lainnya dari Presiden dan Wapres, adalah dengan mendirikan Badan Restorasi Gambut (BRG).

"Arahan Presiden dan Wapres, tata kelola gambut harus bisa diterima secara internasional, dan berkelas dunia. Makanya kemudian kita rancang struktur organisasi BRG yang seperti sekarang," kata Menteri Siti.

BRG harus berkonsentrsi pada tata kelola air, operation dan maintenance infrastruktur kanal gambut. Selain itu riset internasional, serta dalam hubungan dan dukungan internasional. Bukan badan yang 'gemuk ke bawah' sampai ke daerah-daerah.

"Karena kalau kegiatan pengelolaan lahan dan kawasan sebetulnya sudah terbagi habis di tugas-tugas sektoral. Kita tidak  bermaksud mengeluarkan gambut dari kawasan," lanjutnya.

Jadi pendekatan terbentuknya BRG di Indonesia, juga harus dipahami semua pihak dengan baik. Karenanya Menteri Siti juga sangat bersyukur, pada akhirnya dapat merealisasikan Pusat Gambut Tropis Internasional yang bisa menjadi rujukan pengetahuan bagi dunia.

"Kita akan pakai gedung KLHK yang saat ini sedang dipakai oleh CIFOR, dan CIFOR akan mendampingi perintisan Pusat gambut internasional ini," tandasnya.

Badan Pengembangan dan Inovasi Penelitian Kehutanan dan Lingkungan Indonesia (FOERDIA) bersama dengan Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) di Bogor akan berfungsi sebagai tuan rumah bagi sekretariat ITPC sementara. 

Pemerintah Indonesia juga mengundang negara-negara gambut tropis lainnya, mitra sumber daya serta ilmuwan, pembangunan, dan kolaborator lain untuk bergabung dengan ITPC dalam meningkatkan pengetahuan dan melindungi melalui ekosistem di lingkungan kita bersama.

 

Rekomendasi