Indonesia Dilanda Cuaca Ekstrem Selama Sepekan Ini, Warga Diminta Waspada

| 04 Jan 2024 11:03
Indonesia Dilanda Cuaca Ekstrem Selama Sepekan Ini, Warga Diminta Waspada
Ilustrasi banjir. (Antara)

ERA.id - Dalam sepekan terakhir, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan lebat turut memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa daerah. 

Berdasarkan analisis terkini, diidentifikasi hingga sepekan kedepan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, antara lain: Monsun Asia musim dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Kemudian, aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG menyebutkan, kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari kedepan.

"Sementara itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan," kata Guswanto di Jakarta, Kamis (4/1/2024). 

Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer diatas, maka untuk sepekan kedepan (03 - 10 Januari 2024) perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. 

Untuk sepekan kedepan (03-10 Januari 2024): 

Pada siang hingga menjelang malam hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah: Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, Kab. Bogor, Kota Bogor, Tangerang Selatan, Kab. Tangerang bagian selatan, Kab. Bekasi bagian selatan

Selanjut, pada malam hingga dini hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah: Kep. Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur bagian utara, Jakarta Barat bagian utara, Kab. Bekasi bagian utara, dan Kab. Tangerang bagian utara. 

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan kedepan.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang," katanya. 

Rekomendasi