Bendung Katulampa Siaga Dua Banjir

| 11 Nov 2018 18:53
Bendung Katulampa Siaga Dua Banjir
Proses pembersihan ulir pintu penguras Bendung Katulampa. (Foto: Twitter @bpsdacilcis)
Bogor, era.id - Bendung Katulampa, Kota Bogor, ditetapkan siaga dua banjir, sehubungan semakin meningkatnya ketinggian air Sungai Ciliwung akibat hujan yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya, termasuk kawasan Puncak, yang masih berlangsung sampai Minggu (11/11/2018) sore.

Dilansir dari Antara, Minggu (11/11/2018), pertugas penjaga Bendung Katulampa, Tisna menginformasikan, pada pukul 16.30 WIB ketinggian muka air Bendung Katulampa mencapai 100 centimeter dengan debit sebesar 5.9998 liter per detik.

"Ketinggian 100 cm itu sudah masuk siaga dua banjir," kata Tisna.

Naiknya permukaan air Sungai Ciliwung secara berangsur-angsur dimulai dari pukul 15.05 WIB, ketinggian mencapai 70 cm. Seiring turunnya hujan di kawasan Puncak, tinggi permukaan air terus meningkat.

Pada pukul 15.17 WIB, ketinggian bertambah 10 cm menjadi 80 cm, status ketinggian air di Bendung Katulampa masuk siaga empat banjir. Hingga pukul 15.36 WIB permukaan air menyentuh level 90 cm.

"Ketinggian 90 cm itu sudah masuk siaga tiga," katanya.

Informasi kenaikan permukaan air Sungai Ciliwung yang terpantau di Bendung Katulampa telah disampaikan kepada pemerintah daerah DKI Jakarta, Bogor, maupun Jawa Barat.

Masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung juga diimbau untuk waspada adanya kenaikan permukaan air. Arus sungai menjadi lebih deras membawa sedimen tanah, pohon dan sampah ke wilayah hilir Jakarta.

Rekomendasi