KPK OTT Bupati Pakpak Bharat

| 18 Nov 2018 14:10
KPK OTT Bupati Pakpak Bharat
Gedung KPK (FOTO: Tsa Tsia/era.id)
Jakarta, era.id - KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Remigo Yolanda Berutu.

Total ada 6 orang yang diamankan, 2 orang diamankan di Jakarta dan 4 orang di Medan.

"Dinihari semalam KPK lakukan kegiatan tangkap tangan terhadap seorang Kepala Daerah di Sumatera Utara, kepala dinas setempat, PNS dan pihak swasta. 2 orang diamankan di Jakarta dan 4 orang di Medan," kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan dalam keterangan tertulis, Minggu (18/11/2018).

Empat orang yang diamankan di Medan --termasuk si bupati-- dicokok secara bertahap mulai pukul 24.00 hingga 03.00 WIB. Keempatnya kini sudah berada di Gedung KPK di Kuningan, Jakarta Selatan.

"Pihak yang diamankan di Jakarta sudah berada di kantor KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut."

Terkait penangkapan ini, KPK menduga para pelaku terlibat dalam transaksi terkait proyek Dinas PU Pakpak Bharat dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta rupiah.

"Dari kegiatan ini teridentifikssi dugaan transaksi terkait proyek dinas PU di Pakpak Bharat. Diduga penerimaan telah terjadi beberapa kali, dengan nilai ratusan juta. Sebagian dari uang tersebut diamankan tim dan dbawa ke Jakarta."

"Sesuai KUHP, KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak yang diamankan tersebut. Hasil secara lengkap akan kami sampaikan melalui konferensi pers."

Tags : ott kpk
Rekomendasi