Uang Hasil Money laundering Disimpan Di Mesin Cuci

| 28 Nov 2018 08:18
Uang Hasil <i>Money laundering</i> Disimpan Di Mesin Cuci
Tumpukan uang di dalam mesin cuci (Foto: situs Belanda Polite)
Amsterdam, era.id - Menyimpan uang biasanya di bank, lemari atau bahkan di bawah bantal sekalipun. Namun apa jadinya, bila seorang pria di Belanda ditangkap aparat kepolisian karena menyimpan uang bernilai 350.000 euro atau sekitar Rp5,7 miliar dalam mesin cuci, yang diduga hasil dari tindak pidana pencucian uang.

Mengutip dari laman media Belanda, Polite, Selasa (27/11) kejadian itu terjadi pada Kamis (22/11) lalu. Di mana petugas tengah mendata surat kependudukan warga yang tinggal di wilayah Barat, Kota Amsterdam.

Bukannya mendapat warga yang tak terdaftar, petugas mendapati temuan sebuah rumah yang kosong yang ditinggalkan, dan menemukan sebuah mesin cuci berisi tumpukan uang.

 

Dari foto yang diunggah di situs kepolisian memperlihatkan uang dengan pecahan 20 hingga 50 euro, yang dijejalkan ke dalam mesin cuci. Selain menemukan tumpukan uang tunai, polisi juga mndapatkan mesin penghitung uang, sepucuk pistol, dan beberapa telepon genggam. 

"Saat polisi datang menggeledah rumah itu, petugas menemukan uang 350.000 euro disembunyikan di dalam mesin cuci," ungkap pihak kepolisian setempat, seperti dikutip era.id.

Kepolisian Belanda hingga saat ini belum mengungkap identitas dari pemilik rumah kosong yang diperkirakan masih berusian 24 tahun dan mesin cuci berisikan uang tersebut. Dugaan polisi rumah kosong itu dijadikan lokasi kegiatan hasil penipuan.

Rekomendasi