Menanti Jalan Gubeng Bisa Dilintasi Kembali

| 27 Dec 2018 12:48
Menanti Jalan Gubeng Bisa Dilintasi Kembali
Proses perbaikan Jalan Raya Gubeng, Surabaya (Foto via @BanggaSurabaya)
Surabaya, era.id - Sembilan hari lalu, Jalan Raya Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur amblas hingga bikin lubang besar menganga berdiameter 50 meter dan kedalaman 8 sampai 15 meter. Tapi kini, jalan ini sudah kembali mulus.

Uji coba Jalan Raya Gubeng kini tinggal menunggu waktu. Posisi perbaikan sudah memasuki tahap akhir pemulihan setelah ambles. Namun, uji coba baru bisa dilaksanakan menanti keputusan bersama.

"Nanti baru peninjauan lapangan oleh instansi terkait," kata Kadishub Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad, seperti dilansir Antara, Kamis (27/12/2018).

Maksudnya seperti ini. Uji coba baru dilakukan setelah semua pihak terkait memutuskan kalau Jalan Raya Gubeng sudah memenuhi syarat untuk kembali dilintasi kendaraan bermotor. Pihak yang berwenang melakukan kajian adalah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Kepolisian Daerah Jawa Timur, Pemkot Surabaya dan Tim Ahli Bangunan Gedung dari ITS.

"Nunggu keputusan bersama," katanya singkat saat didesak soal kepastian waktu.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sudah meminta supaya Jalan Raya Gubeng bisa segera diuji coba untuk dua jalur pada Kamis ini. Jika lancar, akan bisa laggi dibuka untuk umum.

Sebetulnya uji coba sudah bisa dilaksanakan pada Rabu (26/12) kemarin. Masalahnya, pengaspalan jalan belum tuntas akibat terkendala hujan sehingga ditunda pada Kamis ini. Pemkot Surabaya mendatangkan tim ahli bangunan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk melakukan tes di lokasi jalan yang diuruk pada Rabu (26/12) pagi.

Hasil tes dari ITS, lanjut dia, dua jalur sisi Timur dinyatakan sudah memenuhi syarat dan bisa dilakukan uji coba. Sedangkan untuk dua jalur di sisi Barat, baru menunggu dipasang "steel sheet pile" (SSP) atau dinding vertikal dari besi yang berfungsi untuk menahan tanah dan menahan masuknya air ke dalam lubang galian.

 

Rekomendasi