Temani Jokowi Tinjau Waduk Ciawi, Anies Singgung Ciliwung

| 27 Dec 2018 15:17
Temani Jokowi Tinjau Waduk Ciawi, Anies Singgung Ciliwung
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan kegiatannya mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau waduk Sukamahi, Ciawi, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (26/12). Anies menyebut, tujuan mereka meninjau adalah untuk mengecek kesiapan pem
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan kegiatannya mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau waduk Sukamahi, Ciawi, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (26/12).

Anies menyebut, tujuan mereka meninjau adalah untuk mengecek kesiapan pembangunan waduk Ciawi dalam mengantisipasi masalah banjir. Anies juga menyarankan agar pembangunan waduk segera cepat dituntaskan.

"Itu proyek yang dikerjakan oleh pemerintah pusat, Kementerian PUPR. Kemudian, memang saya pernah cerita kan dulu waktu ditanya ketemu sama Pak Presiden, diskusinya apa. Salah satunya diskusi soal ini," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat Kamis (27/12/2018).

Diketahui, pembangunan waduk Sukamahi telah mencapai 15 persen dari keseluruhan. Sementara untuk pembebasan lahan akan sepenuhnya diselesaikan pada bulan Januari 2019. Bendungan tersebut ditargetkan untuk diselesaikan pada 2019 mendatang.

Selain itu, Anies mengatakan bahwa dirinya sempat berbincang soal kelebaran sungai di beberapa wilayah, khususnya di Ibu Kota. Menurut Anies, ada sejumlah sungai di memang mengalami penyempitan.

"Kemarin kita diskusi memang lebar sungai di berbagai tempat, karena di beberapa tempat sungai itu mengalami penyempitan-penyempitan. Nah penyempitan-penyempitan inilah yang kemudian punya implikasi pada genangan di kanan kirinya karena lebarnya sungai itu mengecil," kata Anies.

Anies melanjutkan, pemerintah masih punya pekerjaan rumah untuk menuntaskan pembebasan lahan di sodetan sungai Ciliwung di daerah Bidara Cina yang masih dalam proses.

"Mudah-mudahan hari senin besok kita akan ada pertemuan khusus soal itu," ucap dia.

 

Rekomendasi