Detik-detik Kampung Adat Sukabumi Tertimbun Longsor

Tim Editor

Longsor di Sukabumi (dok. BNPB)

Jakarta, era.id - Mengawali tahun 2019, dibuka dengan bencana tanah longsor yang terjadi di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Sukabumi, Jawa Barat. Peristiwa itu mengakibatkan puluhan warga mengungsi dari tempat tinggal mereka.

"Hingga saat ini tercatat, dua orang meninggal dunia, 66 warga harus dievakuasi ke tempat pengungsian. Sedangkan 41 orang lagi masih belum ditemukan," kata Kabid Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Senin (31/12).

Tanah longsor terjadi karena intensitas hujan yang melanda kawasan itu, mengakibatkan tanah di lereng Gunung Surandil menjadi gembur. 

"Pemukiman warga berada tepat di bawah area perbukitan Gunung Surandil," lanjutnya.
 


Berdasarkan data sementara BPBD Kabupaten Sukabumi, sekitar 30 rumah warga saat ini rusak tertimbun longsor. Selain itu akses jalan menuju lokasi juga masih tertutup.

Hingga saat ini, BPBD masih berkoordinasi dan mendata para korban di pengungsian. Kondisi tanah yang masih gembur karena terus diguyur hujan dan padamnya listrik serta jaringan komunikasi juga menyulitkan proses evakuasi.

"Untuk evakuasi diperlukan alat berat namun kondisi akses jalan dan medan cukup berat menuju lokasi bencana," sambung Sutopo.
 

Tag: tanah longsor bnpb

Bagikan: