Ma'ruf Amin Mengaku Bobotoh

| 02 Jan 2019 18:47
Ma'ruf Amin Mengaku Bobotoh
Ma'ruf Amin dalam pertemuan dengan Bobotoh (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengaku sebagai penggemar klub Persib Bandung. Pengakuan ini disampaikan di hadapan Bobotoh --sebutan pendukung Persib Bandung-- yang hadir di kediamannya, Rabu (2/1/2018). 

Pengakuan Ma'ruf ini berawal saat perwakilan dari Bobotoh dan Viking, kelompok suporter Persib Bandung, menemui cawapres pasangan Joko Widodo. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, tampak perwakilan Bobotoh menyerahkan selempang bertuliskan 'Bobotoh Jokowi'. 

Sebagai gantinya, mantan Rais Aam PBNU itu kemudian menyerahkan sebuah bola yang sudah dibubuhi tandatangannya. "Ada tandatangan dan KMA," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebelum sesi foto, seorang perwakilan sempat bertanya kepada Ma'ruf Amin perihal klub bola Indonesia favoritnya. Bahkan perwakilan itu, sempat menebak, Ma'ruf gemar dengan Persebaya.

Namun, jawaban yang diterima perwakilan itu cukup membuat mereka bangga ternyata, sebab, Ma'ruf menggemari Persib Bandung. "Persib lah," ujar Ma'ruf yang kemudian disambut tawa Bobotoh tersebut.

Selain Bobotoh, Mustasyar PBNU itu juga menerima kunjungan dari komunitas Motor Gede atau MoGe yaitu Komunitas Brother Hood. Ada sekitar empat motor besar yang terparkir di garasi rumah Ma'ruf Amin yang diantaranya adalah motor bermerk Harley Davidson berwarna hijau.

Menurut Ma'ruf selain silaturahmi, baik Bobotoh, Viking maupun komunitas Moge Brotherhood ini juga melakukan perbincangan mengenai berapa hal. Termasuk soal Pilpres dan soal kebangsaan.

"Selain bersilaturahmi, kami juga membahas hal menyangkut kebangsaan, kenegaraan. Juga dukungan bagi Pak Joko Widodo dan saya, pasangan calon 01," ungkap cawapres pasangan Jokowi tersebut.

Di depan Ma'ruf, Rendra yang merupakan perwakilan Bobotoh bilang adapun alasan mereka mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 karena Ma'ruf Amin merupakan penggemar Persib.

"Selain perintah dari Kang Heru Joko (Ketua Viking Bobotoh), kita mendukung karena Pak Ma'ruf amin juga pendukung Persib, maka kami dukung," ungkap Rendra.

Sementara perwakilan dari Brotherhood, Boboy, merasa pihaknya harus mengalamatkan dukungan karena beberapa alasan. Salah satunya, karena Ma'ruf Amin berasal dari Banten, Jawa Barat. Sehingga sebagai sesama asli Jawa Barat, sehingga sepantasnya Brotherhood mendukung Paslon 01.

"Mari kita jadikan pasangan nomor 01 untuk melanjutkan pemerintahan. Karena dalam pasangan 01, ada tokoh yang sangat kami hargai dan cintai, adalah Abah Ma'ruf Amin yang mewakili kami dari Jawa Barat," ujar Boboy.

Boboy juga menganggap bahwa Ma'ruf merupakan sesepuh di kalangan masyarakat Sunda. Tak hanya itu, ke depan, Boboy berjanji akan membantu Tim Kampanye Daerah (TKD) meraup suara di Jabar. 

"Akan mengajak yang lain bahwa pakai pikiran yang jernih dan hati yang bersih, bahwa paslon nomor urut 01 adalah yang terbaik," tutupnya.

Rekomendasi