Untuk Apa Pajak Kita?

| 21 Jan 2018 13:55
Untuk Apa Pajak Kita?
Ilustrasi grafis (ayu/era.id)
Jakarta, era.id – Kementerian Keuangan menyampaikan laporan dua komponen besar belanja negara dalam APBN 2017, belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah. Belanja negara pada APBN tahun ini mencapai Rp2.080 triliun dan penyokong terbesarnya adalah penerimaan pajak.

Pak Presiden Joko Widodo sudah berkali-kali meminta masyarakat taat pajak. Ketaatan para wajib pajak pasti akan menambah pemasukan negara. Lalu kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, pajak adalah wajib sesuai konstitusi. Bagi dia, kecintaan pada Indonesia dapat ditunjukkan juga dalam bentuk taat membayar pajak. 

Hayo, kamu wajib pajak yang taat bukan?

Balik lagi ke laporan Kemenkeu, tertulis belanja 2017 berasal dari penerimaan pajak, penerimaan bukan pajak, hibah dan pembiayaan. Dalam bidang pelayanan umum misalnya, anggarannya digunakan untuk mempercepat capaian dan sasaran sistem informasi pelayanan publik, reformasi birokrasi aparatur negara hingga tingkat daerah, dan lainnya.

Kemudian untuk bidang ketertiban dan keamanan,  anggarannya untuk meningkatkan profesionalisme Polri terkait pelayanan publik. Selain itu, juga digunakan untuk menguatkan koordinasi intelijen, menambah kapasitas rehabilitasi penyalahgunaan narkoba dan mengendalikan penyalahgunaan narkoba. 

Mau tau untuk apa aja uang pajak kamu? Simak video di bawah ini...

Tags :