Kapal Yunani dan Malaysia Tabrakan di Perairan Malaysia

| 10 Feb 2019 12:04
Kapal Yunani dan Malaysia Tabrakan di Perairan Malaysia
Ilustrasi (Pixabay)
Kuala Lumpur, era.id - Kementerian Luar Negeri Malaysia mengonfirmasikan kapal angkut massal yang terdaftar di Yunani, MV Piraeus bertabrakan dengan kapal pemerintah Malaysia MV Polaris di Perairan Teritorial Malaysia pukul 02.26 dini hari, Sabtu (9/2).

MV Pireas terlihat memasuki batas Pelabuhan Johor Bahru di Perairan Teritorial Malaysia pukul 02.15 malam.

Selama komunikasi dengan MV Polaris, MV Pireas menjawab bahwa dia akan menghindari MV Polaris. Meskipun komunikasi yang jelas dan instruksi definitif diberikan, tabrakan terjadi pada kontak pertama sampai kedua kapal dibersihkan satu sama lain pada pukul 02.36 waktu setempat.

Departemen Kelautan Malaysia (MARDEP) telah menahan kapal Yunani berikut awak kapal untuk penyelidikan awal sesuai Pasal 334 (1) Undang-Undang Perkapalan Malaysia 1952.

Tidak ada laporan tentang cedera atau tumpahan minyak yang timbul dari tabrakan tersebut.

MARDEP sangat menyarankan kapal-kapal di Batas Pelabuhan Johor Bahru yang terletak di Perairan Teritorial Malaysia untuk berhati-hati guna menghindari insiden yang tidak diinginkan di perairan tersebut.

Namun insiden tersebut tidak menghambat arus lalu lintas apa pun dan jauh dari area Skema Pemisahan Lalu Lintas (The Traffic Separation Scheme Area).

Malaysia berkomitmen untuk mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga integritas teritorial, kepentingan, dan navigasi kapal yang aman.

Rekomendasi