17 Cagub-Cawagub Pilihan Demokrat

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (ERA.ID)

Jakarta, era.id - Partai Demokrat telah mengumumkan 17 nama pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada serentak 2018. Di Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan daftar tersebut.

Seluruh nama yang diumumkan SBY terdiri dari formasi calon gubernur dan wakil gubernur. “Saya tidak umumkan bupati dan wali kota. Hinca Panjaitan dalam kesempatan lain akan menyampaikannya," ungkap SBY kepada awak media, Minggu (7/1/2018).


(Infografis: Wildan Alkahfi)

Dari formasi 17 nama tersebut, 82 persen di antaranya atau 14 nama merupakan kader asli partai berlambang mercy itu. Sedangkan tiga nama lain, yakni Khofifah Indar Parawansa yang maju di Pilkada Jawa Timur, Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, serta Ichsan Yasin Limpo di Sulawesi Selatan merupakan segelintir sosok dari luar partai yang dipercaya Demokrat.

Di antara 14 kader yang turun gelanggang, empat orang kader merupakan incumbent, tiga menjabat Ketua DPD, dua Ketua DPC, satu anggota DPR RI dan satu pengurus Partai Demokrat di daerah.

Dalam pidatonya, SBY mengungkapkan, partainya sengaja tak menghadirkan para calon yang diusung hari ini. Menurut SBY, Demokrat akan menghadirkan seluruh calon setelah proses pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) rampung.

Dalam kesempatan itu, SBY juga berjanji akan mendeklarasikan dukungan resmi sekaligus alasan di balik dukungan yang diberikan Demokrat terhadap masing-masing calon. "Kali ini tidak kami undang (pasangan calon yang diusung) karena nanti setelah KPU menetapkan beliau sebagai calon tetap," tutur SBY.

Tag: pilkada 2018 partai demokrat

Bagikan: