Kriteria Calon Kepala Daerah Pilihan SBY

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. (yohanes/era.id)

Jakarta, era.id - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan 17 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jagoannya di Pilkada serentak 2018. Kata SBY nih, kriteria calon kepala daerah itu tidak harus selalu bergantung pada elektabilitas.

Ada empat kriteria yang lebih penting yang menurut SBY yes buat menangin Pilkada, yakni integritas, kapasitas, cakap atau tidak cakapnya paslon tersebut.

"Ada empat kriteria mengapa kami menetapkan calon A, B, C, D, E yang diusung oleh Partai Demokrat. Barang kali serupa dengan partai-partai politik yang lain tentu integritasnya, kapasitasnya, cakap atau tidak cakap," ungkap SBY di Kantor DPP Demorkrat, Wisma Proklamasi, Minggu (7/1/2018).

Presiden ke-6 RI itu tak menampik kalau elektabilitas penting supaya bisa bersaing di medan tempur. Tapi, banyak juga loh calon pemimpin yang memiliki tingkat kecakapan cukup baik, tidak bisa mendongkrak elektabilitas, katanya.

Menurut SBY, tingkat elektabilitas itu bisa terlihat dari hasil pilkada nanti. Terlepas dari hal itu, SBY optimistis 17 paslon usungannya memiliki elektabilitas yang mumpuni. Apalagi kalau lihat paslon pilihannya yang notabene kader Demokrat. Ada 14 paslon loh, dari 17 pasangan yang diusung.



Dalam pidatonya, SBY mengingatkan setiap paslon harus bisa menggalang partai lain untuk berkoalisi. Jangan sampai kader yang sudah memiliki elektabilitas cukup baik, tidak berhasil menggalang koalisi lantaran tak menemukan partai yang mau mendukung kader tersebut.

“Jadi Gubernur, Bupati, atau Wali Kota, meskipun hebat, cakap, berintegritas tinggi. Tapi, kalau rakyat saat ini belum memberikan dukungan, berarti elektabilitasnya tidak kuat. Tentu kemungkinan berhasilnya kecil,” ujar SBY.

Tag: pilkada 2018 partai demokrat

Bagikan: