Ingat Jangan Gunakan Powerbank Dalam Pesawat

Tim Editor

    Ilustrasi powebank (Adit/era.id)

    Jakarta, era.id - Kalian sudah tahu kalau perangkat pengisi daya atau powerbank dilarang digunakan di atas pesawat. Bukan hanya membahayakan tapi juga mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan.

    Nah, kemarin pesawat Garuda Indonesia rute Surabaya-Jakarta dengan nomor penerbangan GA 327 terpaksa menunda keberangkatan pada pukul 19.35 WIB, Senin (11/3). Hal itu disebabkan adanya asap dari sebuah powerbank yang terbakar.

    Akibat kejadian itu, seluruh penumpang pesawat yang telah berada di dalam kabin panik. Asap putih membumbung di seluruh lorong kabin pesawat yang membuat penumpang berhamburan keluar.

    Salah seorang saksi mata, Agung Hendrawan mengatakan, asap terlihat dari powerbank yang terjatuh di lorong pesawat sekitar kursi 28. Setelah itu asap terus mengepul dan muncul api dari powerbank tersebut.

    Api yang keluar dari Powerbank yang terbakar tersebut berhasil dipadamkan oleh penumpang dengan air dan juga dengan menginjak api, terlihat salah seorang penumpang kaus kakinya terbakar hingga berlubang.

    Usai penanganan, pesawat akhirnya bisa diberangkatkan sekitar pukul 20.35 WIB untuk melanjutkan penerbangannya ke Jakarta. 



    Imbauan untuk penumpang

    Ya sejak tahun lalu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Surat Edaran Keselamatan terkait ketentuan membawa powerbank atau baterai lithium cadangan ke atas pesawat.

    Surat edaran ini ditetapkan berkaitan dengan adanya potensi risiko bahaya meledak atau kebakaran pada powerbank.

    Himbauan tersebut berupa: 
    - Pembatasan daya pada powerbank yang dapat masuk kabin < 100 Wh
    - Daya powerbank 100-160 Wh harus mendapatkan persetujuan dari maskapai
    - Daya powerbank > 160 Wh dilarang dibawa
    - Apabila penumpang ingin membawa powerbank, maksimal dua unit per penumpang
    - Penumpang dilarang mengisi daya dengan powerbank saat penerbangan
    - Powerbank juga harus diletakkan di dalam kabin, bukan di bagasi
     

    Tag: power bank dilarang pesawat terbang

    Bagikan :