Infrastruktur Langit dari Ma'ruf Amin

Tim Editor

Debat cawapres 2019 (Mahesa/era.id)

Jakarta, era.id - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menjelaskan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah menekan angka pengangguran di Indonesia. Salah satu upaya pemerintah yang disebut Ma'ruf Amin adalah membuat infrastruktur langit.

Mulanya Ma'ruf mengatakan, pemerintah mendorong masyarakat Indonesia menguasai teknologi. 

"Kita juga mau mendorong tenaga kerja kita mampu menguasai teknologi terutama teknologi digital. Kebetulan, pemerintah sekarang sudah bisa bangun infrastruktur baik infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit," kata Ma'ruf di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Ma'ruf melanjutkan, infrastruktur langit yang dia maksud adalah Palapa Ring. Infrastruktur telekomunikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka.

Dirinya menekankan Jokowi-Ma'ruf akan mendorong tenaga kerja untuk menguasai teknologi, terutama teknologi digital. Sehingga memberikan iklim kerja yang kondusif untuk dunia usaha maupun industri.

Sehingga, lanjutnya, tumbuh usaha-usaha seperti startup yang telah mendapat status unicorn hingga decacorn.



"Sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha start up, unicorn, bahkan sebentar lagi ada decacorn. Dengan begitu tenaga kerja harus kita siapkan ke depan supaya lebih siap. Ini dalam rangka menyiapkan anak-anak kita dalam menghadapi tantangan tantangan ten years challange," ujar Ma'ruf.

Sedangkan lawan debatnya, Sandiaga Uno menyiapkan program Rumah Siap Kerja untuk mengurangi angka pengangguran. Sandiaga mengatakan Rumah Siap Kerja akan dilaksanakan di setiap kecamatan hingga desa. Masyarakat nantinya akan mendapat keterampilan yang disesuaikan dengan dunia usaha.

"Mereka akan mendapatkan keterampilan yang sesuai yang dibutuhkan oleh Revolusi Industri 4.0," ujar Sandi.

Tag: serunya debat capres

Bagikan: