Konvoi Truk Pengangkut Uranium Diserang di Brazil

| 20 Mar 2019 15:36
Konvoi Truk Pengangkut Uranium Diserang di Brazil
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Sebuah serangan terjadi di jalan pinggir pantai Rio de Janeiro, Brazil, saat truk pengangkut uranium ditembaki kelompok bersenjata dalam perjalanan menuju salah satu pembangkit listrik.

Menurut laporan kepolisian setempat, konvoi truk yang membawa bahan baku nuklir diserang saat melintasi Kota Frade, sekitar 30 kilometer dari lokasi reaktor di Angra dos Reis.

Polisi yang mengawal konvoi membalas tembakan penyerang. Polisi mengatakan, tidak ada yang terluka atau ditangkap dalam insiden tersebut. Kelompok bersenjata itu pun akhirnya melarikan diri.

Eletronuclear, anak perusahaan Centrais Eletricas do Norte do Brasil S.A yang mengelola pembangkit nuklir Angra, dalam pernyataan mengatakan, uranium yang dibawa tersebut tidak berbahaya. Ia juga memastikan, serangan tidak akan membuat agenda pengiriman tertunda.

Dalam penjelasannya, Electronuclear menuturkan, insiden terjadi saat polisi yang mengawal konvoi menyebar di sepanjang jalan untuk berjaga-jaga setelah terdengar suara tembakan di dekatnya. Kemudian, kelompok bersenjata itu mulai menembaki pasukan bersenjata lengkap yang mengawal pengiriman tersebut.

Bahan bakar nuklir yang diperlukan di dua reaktor di Brazil yakni Angra 1 dan Angra 2 dihasilkan di instalasi pemerintah di Resende, kota di pedalaman negara bagian Rio de Janeiro yang letaknya 130 km dari Angra dos Reis.

Brazil sendiri diketahui hanya memproses uranium untuk digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, di mana segala pemanfaatan uranium dilakukan ketat di bawah pengawasan Badan Energi Atom Internasional.

Rekomendasi