Menteri hingga Ulama Jadi Jurkam Paslon Jokowi-Ma'ruf

| 23 Mar 2019 15:55
Menteri hingga Ulama Jadi Jurkam Paslon Jokowi-Ma'ruf
Konferensi pers di cemara oleh Ketua TKN 01 Erick Thohir dan Sekretaris TKN 01 Hasto Kristiyanto (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan, sejumlah menteri akan menjadi juru kampanye paslon ini selama kampanye rapat terbuka berjalan. Selain menteri, tokoh politik dan ulama juga akan membantu menarik suara pasangan nomor urut 01 ini.

"Kami juga siapkan nanti Jurkamnas. Ada Jurkamnas ulama, Jurkamnas pimpinan partai politik, dan Jurkamnas Menteri yang mengambil cuti untuk membantu politik Pak Jokowi dan Kiai Haji Ma'ruf Amin," ungkap Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).

Dia menerangkan, ada 5.320 orang jurkam yang disiapkan untuk bergerak ke sejumlah wilayah saat kampanye terbuka pada 24 Maret-13 April 2019. Dari jumlah itu, di antaranya adalah menteri. Yaitu, Mereka adalah Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung (PDIP), Menko PMK Puan Maharani (PDIP), Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (PKB), dan Menteri KLHK Siti Nurbaya (NasDem). 

Para jurkam ini akan berbagi tugas untuk basis-basis masa di masyarakat.

"Sudah ada pembagian tugas. Ada yang sangat kuat di basis membangun harapan desa berkemajuan, ada yang petani, ada yang nelayan, ada yang kalangan anak muda."

Untuk membuka masa kampanye rapat terbuka ini, rencananya akan digelar pawai akbar. Pawai akbar akan menempuh jarak 2,5 kilometer dari lokasi kampanye di GOR Maulana Yusuf, Ciceri, Banten. Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir bilang, kampanye tersebut akan dilaksanakan sejak pukul 15.00 WIB.

Selain pawai akbar, ada juga panggung rakyat dalam acara tersebut. Selain itu, ada konsep baru dalam tata panggung yang akan digunakan dalam berkampanye.

"Konsep panggung kita ingin supaya paslon dekat dengan rakyat. Bukan pencitraan tapi beliau memang dekat dengan rakyat dan beliau turun langsung ke jalan," kata Erick.

Jadwal kampanye terbuka kubu Jokowi-Ma'ruf selama sepekan

Erick menerangkan, Tim Kampanye Nasional sudah menjadwal kampanye terbukanya. Selama seminggu ini, mereka akan keliling Indonesia untuk mencari suara buat pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

25 Maret, TKN merencanakan kampanye umum di Alun-alun Banyuwangi, di pagi hari. Siangnya, kampanye terbuka akan dilakukan di Jember. Malamnya akan ada kampanye tertutup di GOR Ken Arok, Jember.

26 Maret, kampanye terbuka akan dilaksanakan TKN di dua provinsi, Aceh dan Riau. Namun, Erick belum menyebut lebih jauh tempat dan agenda dalam acara itu.

27 Maret, kampanye terbuka dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

28 Maret, rencananya TKN kampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Erick mengatakan, saat kampanye terbuka nanti, Jokowi dan Ma'ruf bersatu di panggung hanya dua kali. Yaitu, saat di Banten saat pembukaan kampanye akbar dan penutupan kampanye akbar di DKI Jakarta. Tujuannya, untuk efesiensi waktu dan tempat.

"Harus disebar ke seluruh titik Zona A Zona B, bukan tidak mungkin beberapa titik didatangi bukan oleh pak Jokowi, karena waktunya yang sangat efisien," tutupnya.

 

Rekomendasi