Cerita Masa Kecil Jokowi Jadi Motivasi Bikin Program KIP

Tim Editor

Capres nomor urut 01 Jokowi saat kampanye di Lhokseumawe, Aceh. (Foto: Dokumentasi Tim TKN Jokowi-Ma'ruf)

Jakarta, era.id - Capres nomor urut 01 Joko Widodo bercerita tentang kehidupan masa kecilnya. Saat itu, dia hidup dengan kondisi keluarga yang pas-pasan. Kondisi ini membuatnya takut tak bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

“Saya mengalami ketakutan di masa kecil tak bisa kuliah dan tak bisa belajar," kata Jokowi dari rilis yang diterima era.id, Rabu (27/3/2019).

Ketakutannya itu menjadi motivasi dan membuatnya bertekad menyelesaikan pendidikannya. Bahkan, berkat doa dan usaha orang tuanya akhirnya dia bisa menjadi Sarjana Kehutanan di Universitas Gadjah Mada.

Alasan inilah yang kemudian membuatnya membuat program bantuan untuk pendidikan. Jokowi berharap tak ada lagi masyarakat yang takut enggak bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. 

"Saya ingin rakyat kita tidak ketakutan (tidak bisa kuliah) seperti yang sempat saya rasakan," ujarnya.

Alasan ini juga yang kemudian membuat dia mencanangkan program baru berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Kartu ini disebut sebagai program baru setelah sebelumnya, pemerintahannya mengadakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) buat siswa SD, SMP, dan SMA.

KIP Kuliah ini, kata Jokowi, akan membuat siswa yang lulus SMA bisa masuk ke perguruan tinggi atau kuliah. Apalagi, pemerintah nantinya akan memberikan beasiswa buat pemegang kartu ini. "KIP kuliah ini juga bukan hanya untuk sekolah di dalam negeri tapi di luar negeri."

Tag: jokowi dana kampanye pemilu 2019 pilpres 2019 jokowi-maruf amin

Bagikan: