Gempa Sulteng Getaran Terasa Kuat Hingga Palu

Tim Editor

Titik gempa bumi di Sulawesi Tengah (BMKG)

Jakarta, era.id - Serangkaian gempa bumi terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng). Getaran gempa yang terasa kuat juga dikabarkan berpotensi terjadinya tsunami.

Guncangan gempa terjadi di dua lokasi berbeda dengan kekuatan 6,9 magnitudo dan 5,2 magnitudo. Gempa tersebut dirasakan cukup kuat di Poso, Morowali, dan Palu. 

"Gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jumat (12/4/2019).
 

Selain itu, gempa juga terasa kuat di Kabupaten Luwu Timur. Dalam keterangannya Sutopo mengimbau masyarakat yang berada di kabupaten Morowali untuk tetap waspada dan menjauhi pesisir pantai.

"BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada. Artinya Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kotq yang berada pada status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyrakat untuk menjauhi pantai dan sungai," jelasnya. 

Berdasarkan informasi dari situs BMKG, pusat gempa berada di 85 kilometer arah barat daya dari Banggai, Sulteng. Titik koordinat gempa berada di 1,90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur. Dengan kedalaman 10 km di laut. 

Gempa susulan selanjutnya terjadi dengan magnitudo 5,2 pada pukul 19.12 WIB. Pusat gempa ada di koordinat 1,90 lintang selatan dan 122,56 bujur timur.
 

Tag: gempa prayforsulteng bmkg

Bagikan: