Kotak Suara Rusak di Bogor Segera Diganti

Tim Editor

KPU memamerkan Kotak suara transparan (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan sebanyak 300 lebih kotak suara kardus Pemilu 2019 di Kabupaten Bogor rusak total. Hal itu terjadi karena di terjang banjir bandang yang berdampak terhadap 682 kotak suara kardus Pemilu 2019.

Menurut Komisioner Divisi Logistik KPU Jawa Barat Nina Yuningsih, berdasarkan hasil laporan dari KPU Kabupaten Bogor, disebutkan setengah dari jumlah kotak suara kardus Pemilu yang terdampak banjir bandang tersebut dapat dipergunakan. 

Nina mengatakan, kotak suara kardus yang terdampak banjir bercampur lumpur dengan ketinggian 10 sentimeter itu langsung diselamatkan oleh petugas gudang logistik KPU setempat.

"Yang lainnya masih layak dipergunakan kita bersihkan kemudian juga kita keringkan. Dan kami mencoba mengatasi dari kotak suara yang tersedia atau kami meminjam kepada kabupaten lain yang kelebihan stok kotak suaranya," ujar Nina, di Bandung, Senin (15/4/2019).

Namun, peristiwa itu tidak berdampak terhadap surat suara dan logistik lainnya. Nina menjelaskan, saat peristiwa banjir bandang tersebut, seluruh logistik Pemilu 2019 sedang dilakukan pengepakan dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik.

Sehingga, surat suara dan logistik Pemilu 2019 lainnya terhindar dari genangan banjir bandang. Kotak suara kardus yang rusak akibat banjir bandang, hampir dirampungkan pengesetannya dengan dimasukan ke dalam plastik.

"Namun karena masih packing jadi belum dimasukkan. Karena proses distribusi itu kotak suara dan logistik Pemilu 2019 lainnya dimasukkan ke dalam plastik baru disegel. Sama halnya dengan kotak suara yang telah dilindungi oleh kantong plastik," kata Nina.


Komisi Pemilihan Umum (Jawa Barat) menggelar konferensi pers soal kesiapan akhir pelaksanaan Pemilu 2019, Bandung, Senin, (15/4/2019). (Arie Nugraha/era.id)

Sementara itu Komisioner Divisi Teknis Pemilu 2019 KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq menuturkan, apabila kotak suara kardus pengganti dari kabupaten dan kota lainnya tidak akan mencukupi maka akan menggunakan kotak suara logam terdahulu. Kotak suara logam yang dimaksud oleh Endun yaitu kotak suara pemilu presiden lalu.

Kebijakan itu diambil oleh KPU Jawa Barat, agar proses pelaksanaan Pemilu 2019 tidak terhambat. Selain itu tutur Endun, sebagai langkah antisipasi proses penggantian dari KPU RI yang tidak datang sesuai target.

"Kita terpaksa memakai kotak suara yang pernah dipakai Pemliu Presiden sebelumnya. Berarti yang logam itu bila masih kekurangan," terang Endun. 

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Ilham Saputra menaytakan, akan segera mengganti kerusakan logistik pemilu di Ciseeng secepatnya. Mengingat, hari pemungutan suara akan dimulai dua hari lagi. 

"(logistik) segera diganti, kita cari solusinya, tidak ada masalah. Kita lihat, kemungkinan ada kelebihan kotak suara di beberapa tempat, bisa aja didistribusi ke ciseeng itu," kata Ilham di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Kemarin malam terjadi angin puting beliung bersama banjir bandang di lokasi gudang penyimpanan logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Bogor. Kejadian darurat tersebut membuat petugas gudang logistik tidak bisa berbuat banyak.

Petugas gudang logistik di Kabupaten Bogor yang tengah melakukan pengesetan, hanya bisa melakukan evakuasi logistik pemilu usai terjadinya bencana alam tersebut. Untung saja diakui oleh otoritas penyelanggara pemilu tersebut, hanya kotak suara Pemilu 2019 yang terdampak.

Tag: kpu pemilu 2019 pilpres 2019

Bagikan: