Sore nanti Kemenag Tentukan Awal Puasa Ramadan

| 05 May 2019 11:15
Sore nanti Kemenag Tentukan Awal Puasa Ramadan
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat untuk menentukan awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriah. Sepertia biasanya penentuan awal Ramadhan bakal berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, kantor Kemenag.

Mengutip informasi dari Twitter resmi Kementerian Agama, sidang diawali dengan pemaparan tentang posisi hilal menjelang Ramadhan oleh tim hisab dan rukyat Kemenag. Nantinya laporan tersebut akan digabung dengan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan hilal usai salat Maghrib.

 

Nantinya Kemenag akan menerima laporan dari sejumlah pemantau hilal yang ada di seluruh provinsi di Indonesia. Setelahnya kemenag akan memaparkan hasil sidang isbat melalui konferensi pers secara terbuka.

Sidang isbat akan dihadiri oleh sejumlah pihak, baik dari para duta besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung (MA), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Selain itu, Kemenag juga mengundang, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, serta tim hisab dan rukyat Kemenag.

Sebelum pemerintah menetapkan awal Ramadhan, Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadhan versinya terlebih dahulu. Berdasarkan hisab, Muhammadiyah menyatakan bulan suci umat Islam jatuh pada 6 Mei 2019. 

 

Tags : kemenag eramadan
Rekomendasi