Rekapitulasi Suara Luar Negeri, Prabowo-Sandi Unggul di Timur Tengah

| 07 May 2019 18:54
Rekapitulasi Suara Luar Negeri, Prabowo-Sandi Unggul di Timur Tengah
Rekapitulasi suara KPU dari Luar Negeri (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merekapitulasi hasil suara Pemilu 2019. Kali ini KPU telah mengimput sejumlah hasil suara dari luar negeri, sejak empat hari lalu. 

Ketua KPU Arief Budiman menyebut ada 130 wilayah yang akan direkapitulasi oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Untuk mempercepat waktu rekapitulasi, KPU membaginya dalam dua panel yang masing-masing dipimpin oleh tiga Komisioner KPU. 

"Panel 1 di Ruang Sidang Utama lantai 2 oleh komisioner KPU Hasyim asyari, Pramono Ubaid Tanthowi dan Viryan Aziz. Panel 2 di tenda halaman gedung KPU akan ada Ilham Saputra, Wahyu Setiawan dan Evi Novida Ginting," kata Arief, Selasa (7/5/2019).

Sampai hari ini pukul 16.30 WIB, KPU sudah merampungkan rekapitulasi suara 50 PPLN. Hasilnya, pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di 43 negara, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di 6 PPLN dan 1 PPLN berimbang suaranya.

Yang menarik, Prabowo-Sandi menang di sejumlah negara yang berada di kawasan Timur Tengah, yakni Karachi di Pakistan, Jeddah di Arab Saudi, Kairo di Mesir, Doha di Qatar, Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, dan Riyadi di Arab Saudi. 

Di Karachi, Jokowi-Ma'ruf hanya mendapat 27 suara dan Prabowo-Sandi 174 suara. Untuk di Jeddah, Jokowi-Ma'ruf mendapat 3.821 suara sedangkan 9.471 suara. 

"Di Kairo, Jokowi-Ma'ruf mendapat 1.597 suara dan Prabowo-Sandi 4.739 suara. Selanjutnya, di Doha, Jokowi-Ma'ruf mendapat 1.494 suara dan Prabowo-Sandi 2.532 suara,"

Sementara Abu Dhabi, Riyadh juga masih didominasi suara untuk Prabowo-Sandiaga. Hanya di Tunisia kedua paslon seimbang mendapatkan 66 suara. 

Untuk di benua lainnya, Jokowi-Ma'ruf mengungguli Prabowo-Sandiaga di 43 negara seperti di Melbourne, Australia; lalu di Los Angeles dan Washington DC, Amerika Serikat; kemudian di Dubai, Uni Emirat Arab; lalu di Yangon, Myanmar; Kemudian di Wina, Austria.

Sejumlah negara di kawasan Asia hingga Eropa, mayoritas suara masih dimenangkan oleh pasangan nomor urut 01. Bahkan di Pyong Yang, Korea Utara, Jokowi-Ma'ruf masih unggul dari Prabowo-Sandiaga. 

 

Rekomendasi