Tak Ada Car Free Day di Sudirman-Thamrin Saat Libur Lebaran

| 29 May 2019 16:23
Tak Ada <i>Car Free Day</i> di Sudirman-Thamrin Saat Libur Lebaran
Suasana car free day (era.id)
Jakarta, era.id - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan untuk meniadakan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atu Car Free Day di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin pada tanggal 02 dan 09 Juni 2019. 

Jadi, bagi masyarakat yang menggunakan area untuk jogging, berfoto, ataupun cuma jajan makanan di area Car Free Day tiap Minggu pagi, mesti rehat dulu. Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Sigit Wijatmoko mengimbau untuk beraktifitas selain di Jalan Sudirman-Thamrin di tanggal tersebut. 

"Bagi masyarakat yang tetap beraktifitas di jalan sudirman dan thamrin pada tanggal 02 dan 09 Juni 2019, untuk tidak berada di ruas jalan di karenakan tidak ada penutupan jalan silahkan gunakan fasilitas bahu jalan yang ada di Sudirman dan Thamrin," kata Sigit dalam keterangan yang diterima era.id, Rabu (29/5/2019).

Pertimbangan peniadaan Car Free Day (CFD) selama dua pekan tersebut, kata Sigit telah melawati pertimbangan yakni pada aspek yuridis. Sigit bilang, pelaksanaan CFD dapat dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan yang bersifat khusus. Di mana, kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus.

"Pelaksanaan kegiatan angkutan lebaran 2019 akan dipadati dengan pelaksanaan program dari Kementerian Perhubungan (Posko Angkutan lebaran) dan Polda Metro Jaya (Operasi Ketupat Jaya) yang melibatkan personil dalam jumlah besar," jelas Sigit. 

Selain itu, Sigit juga melihat evaluasi pelaksanaan CFD pada musim lebaran tahun 2018. Tahun lalu, selama bulan Ramadan bahwa masyarakat yang memanfaatkan CFD jauh menurun. 

Ditambah, tanggal 10 Juni 2018 merupakan awal dari libur dan cuti bersama Idulfitri 2018. Selain itu, pada tanggal 3, 10, dan 17 Juni 2018 CFD ditiadakan. Karenanya, untuk efektivitas dan efisiensi, pelaksanaan CFD selama dua pekan tahun ini menjadi ditiadakan. 

"Pertimbangan lain, personel keamanan dan juga stakeholders, berkonsentrasi untuk pelaksanaaan pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran, serta giat masyarakat lainnya," pungkasnya. 

Rekomendasi