Ini Rangkaian HUT DKI Jakarta ke-492

| 20 Jun 2019 20:01
Ini Rangkaian HUT DKI Jakarta ke-492
Monumen Nasional (Era.id)
Jakarta, era.id - HUT DKI Jakarta yang ke-492 tinggal menghitung hari, tepatnya pada Sabtu 22 Juni 2019. Pada peringatan hari jadi tahun ini Pemprov DKI mengusung tema ekonomi kreatif dan seni.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pengusungan tema tersebut mampu memberi kemajuan ekonomi sekaligus mendekatkan warga dengan karya seni. Mantan Mendikbud itu juga ingin momentum ini tidak hanya diikuti oleh warganya, melainkan juga turis domestik dan mancanegara.

"Saya mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi. Sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal," kata Anies kepada wartawan, Kamis (20/6/2019).

Adapun rangkaian acara HUT DKI Jakarta kali ini berupa live mural dan bazar. Untuk Live Mural Jakarta Anniversary bakal dilangsungkan di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat. 

Nantinya ada mahasiswa mahasiswa DKV dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina, bekerja sama dengan iMural yang akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara (bagian kiri dari arah stasiun MRT) bertema Wajah Baru Jakarta. Live Mural bakal dilaksanakan tanggal 17-21 Juni 2019 mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Sedangkan bazar bertema Bazar Kreatif ini bakal berkonsep di luar ruangan dan berkonsep piknik, sehingga bertajuk Semasa Piknik. Bazar ini bekerja sama dengan Komunitas Semasa yang berpusat di Kota Tua Jakarta.

Di sana warga dapat melihat, membeli, dan menikmati berbagai produk kreatif di acara ini, mulai dari pakaian, keramik, hingga kuliner. Lebih dari 60 pembuat produk kreatif yang akan ikut berpartisipasi.

Tak hanya itu, nanti juga bakal ada Garage Sale atau penjualan pakaian bekas dari sejumlah artis dan influencer Tanah Air seperti Agni Pratista, Vania Herlambang, dan Alexandra Asmasoebrata. Garage Sale bertema Pasar Raia Keliling Volume 2 ini adalah kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dan Sadari Sedari. 

Sadaro Sedari ini merupakan gerakan yang sebenarnya berfokus pada donasi pakaian bekas untuk pendidikan di Indonesia.

Kedua acara ini akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019, dimulai pukul 10.00-18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB. 

Rekomendasi