Prabowo Akan Tunaikan Janji Politik Lewat Jalur Legislatif

| 28 Jun 2019 17:23
Prabowo Akan Tunaikan Janji Politik Lewat Jalur Legislatif
Prabowo-Sandi (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Perjuangan Prabowo-Sandi dalam Pemilu 2019 berakhir. Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatannya. Artinya, kemenangan Jokowi-Ma'ruf tak tergoyahkan. Meski begitu, Prabowo berjanji akan meneruskan janji-janji politiknya lewat jalur legislatif.

Hari ini, Prabowo menerima para petinggi partai Koalisi Indonesia Adil Makmur berkumpul di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta. Dalam pertemuan itu, mereka membahas kelanjutan nasib koalisi.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani yang ikut dalam pertemuan mengatakan, dalam pertemuan koalisi ini, Prabowo akan menyampaikan perkembangan politik kepada partai koalisi.

Menurut Muzani, Prabowo juga akan menyerahkan kepada masing-masing partai untuk menentukan langkah-langkah yang akan dipilih. Selain itu, dalam pertemuan, koalisi akan membahas bagaimana tindaklanjut janji politik Prabowo.

Muzani menjelaskan, meski tidak jadi Presiden, Prabowo akan berusaha mewujudkan janji politiknya meski bukan lewat jalur eksekutif. “Tadi malam, pidato beliau bahwa upaya kita secara serius dan sungguh-sungguh,” katanya, Jumat (28/6/2019).

“Untuk mewujudkan janji-janji kampanye pak Prabowo sebagai capres akan dilakukan, diupayakan diikhtiarkan melalui jalan parlemen dan jalan-jalan dan forum-forum lain yang itu forum tidak kalah pentingnya.”

Di samping itu, Muzani tidak menampik, memperjuangkan apa yang menjadi hak rakyat melalui jalur parlemen tidak seefektif jalur eksekutif. Tetapi, kata dia, sebagai sosok seorang pemimpin, Prabowo akan tetap berupaya memperjuangkan janji politiknya kepada rakyat.

“Meskipun tingkat efektivitas parlemen itu tidak seefektif dari eksekutif, sehingga kita juga akan menyampaikan, kira-kira kalau forumnya adalah legislatif, upaya mewujudkan janji kepada rakyat ini bisa efektif di parlemen.”

Terkait partai selain Gerindra, Muzani mengatakan, bukan berarti Prabowo tak mengizinkan partai koalisi masuk ke pemerintahan. Justru sebaliknya, Prabowo, kata dia, akan memberikan kebebasan dalam menentukan pilihan dan itu akan dibahas dalam pertemuan partai koalisi sore ini.

“Ya nanti beliau akan menyampaikan pandangan-pandangan di dalam rapat hari ini. Setelah rapat nanti akan disampaikan secara tuntas,” tutupnya.

Rekomendasi