Selamat Hari Bhayangkara, Tugas Polisi Kini Bertambah

| 10 Jul 2019 10:18
Selamat Hari Bhayangkara, Tugas Polisi Kini Bertambah
Sejumlah polisi menjaga aksi demonstrasi di depan Bawaslu (Anto/era.id)
Jakarta, era.id - Hari ini, Rabu 10 Juli, puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-73. Meski sesungguhnya hari itu jatuh pada 1 Juli, namun tidak menyurutkan gempita perayaannya.

Puncak perayaan ini ditandai dengan upacara di kawasan Monas, Jakarta, yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Upacara ini dihadiri banyak polisi.

Pada kesempatan ini, Presiden menginstruksikan Polri meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

"Mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan instruksi sebagai pedoman melaksanakan tugas. Pertama, terus tingkatkan kualitas SDM Polri guna menghadapi tantangan tugas semakin kompleks," kata Presiden di lapangan Monas Jakarta, dilansir Antara, Rabu (7/10/2019).

"Kedua, kedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat," kata Presiden.

Keempat, Jokowi minta Polri meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

"Kelima, perkuat koordinasi dan lembaga, TNI, kementerian dan pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial," katanya.

Presiden atas nama rakyat, bangsa dan negara juga mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-73.

"Saya yakin Polri akan terus bekontribusi dalam membangun negara. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras serta pengabdian Polri dalam memelihara keamanan, ketertiban, menegakkan hukum dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Presiden.

Dia juga mengajak peserta upacara untuk berdoa bagi setiap personel Polri yang cidera dalam tugas diberi kesembuhan. Beberapa bulan ini, Polri fokus mengamankan proses Pemilu 2019.

"Marilah kita berdoa semoga personil Polri yang gugur dalam menjalankan tugas diberi tempat terbaik di sisi Tuhan YME, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan," ungkap Presiden.

Acara puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-73 diundur jadi tanggal 10 Juli dikarenakan sebelumnya para personel masih bertugas mengamankan rangkaian Pemilu 2019

Rangkaian acara terdiri dari parade dan berbagai peragaan kemampuan personel seperti drum band gabungan taruna TNI Polri, rampak gendang gabungan, parade marching band Polwan, terjun payung dari 22 anggota Polri dan TNI, 7 helikopter. flying pass dari Baharkam Polri, hingga pemberian penghargaan kepada anggota Polri dan masyarakat yang telah memberikan kontribusi dalam rangka menjaga keamanan NKRI.

Tags : polri jokowi
Rekomendasi