Penampakan Rumah DP Nol Rupiah Anies-Sandi

| 18 Jan 2018 18:09
Penampakan Rumah DP Nol Rupiah Anies-Sandi
Contoh rumah DP nol rupiah. (sumber foto: Pemprov DKI)
Jakarta, era.id - Program rumah dengan DP nol rupiah akan segera dibangun di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah melakukan groundbreaking di lokasi tersebut pada Kamis (18/1/2018).

Rumah dengan DP nol rupiah merupakan salah satu janji Anies-Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI 2017. Realisasi programnya sangat dinanti, meski masih menuai sejumlah keraguan.

Anies menyampaikan, pada tahap pertama, rumah dengan DP nol rupiah akan dibangun sebanyak 513 unit untuk tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Harga rumah tipe 36 Rp 320 juta dan tipe 21 Rp 185 juta.

Pengusaha properti pendiri Real Estate Indonesia (REI), Ciputra, membeberkan kendala yang dihadapi pihak developer membangun rumah DP nol rupiah. Menurut Ciputra, Pemprov DKI harus cepat menyelesaikan urusannya dengan Bank Indonesia (BI) terkait uang muka (down payment) pembangunan. 


Ciputra menjelaskan, developer amat bergantung dengan uang muka dari BI. Apabila uang muka tidak tersedia, maka pengembang akan sulit mewujudkan mimpi menyediakan rumah dengan DP nol rupiah.

Rekomendasi