Mbah Moen Dimakamkan di Makkah

| 06 Aug 2019 12:26
Mbah Moen Dimakamkan di Makkah
Mbah Moen berpulang (Ilustrasi Ilham/era.id)
Jakarta, era.id - Ulama karismatik Kiai Haji Maimoen Zubair atau (Mbah Moen) tutup usia. Rencananya, Mustasyar Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) bakal dimakamkan di Makkah.

"Dimakamkan di Makkah atas musyawarah keluarga," kata Sekjen PPP Arsul Sani saat dihubungi, Selasa (6/8/2019).

Staf Khusus Presiden bidang keagamaan dalam negeri Abdul Ghaffar Rozin menyatakan hal yang sama. Kata Ghaffar, sebelum dimakamkan di Makkah, Mbah Moen juga akan disalatkan di Masjidil Haram. 

"Rencananya disalatkan di Masjidil Haram usai jamaah zuhur dan dimakamkan di Ma'la," ungkap Ghaffar.

Dia mengatakan, pertimbangan keluarga memakamkannya di Makkah karena permintaan Mbah Moen sebelum meninggal. 

"Almarhum pernah menyampaikan kalau wafat di Makkah ingin dimakamkan di Ma'la. Sekarang baru diikhtiarkan dimakamkan di sana," kata dia.

Mbah Moen meninggal dunia di usia 90 tahun. Ulama ini meninggal sekitar pukul 04.00 waktu Makkah. Di sana, dia sedang menjalankan ibadah haji yang setiap tahun dilakukannya. 

Kiai kelahiran Karangmangu, Rembang, 28 Oktober 1928 ini dikenal sebagai seorang alim, ahli fikih, sekaligus penggerak baik di lingkungan organisasi keagamaan maupun di kehidupan politik.

Dia menjadi tokoh yang disegani, bahkan sejumlah tokoh meminta restunya pada Pemilu 2019, termasuk calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Rekomendasi