Kala Anies Koreksi Komandan Upacara yang Kepeleset Lidah

| 17 Aug 2019 10:55
Kala Anies Koreksi Komandan Upacara yang Kepeleset Lidah
Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Pulau Reklamasi. (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Ada kejadian menarik saat Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di kawasan Pulau D reklamasi atau Pantai Maju, Jakarta Utara. 

Kepala Bidang Penyidik PNS (Kabid PPNS) Satpol PP DKI Jakarta Eko Saptono yang menjadi komandan upacara kepeleset lidah dengan salah menyebutkan umur kemerdekaan Indonesia. 

"Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-73...," kata Eko di lokasi, Sabtu (17/8/2019).

Menyadari anak buahnya salah menyebutkan angka, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga bertugas sebagai inspektur upacara langsung membenahi perkataan Eko.

"74," ralat Anies.

Eko pun langsung meyadari adanya kesalahan dalam laporan itu dan langsung memperbaikinya. Upacara langsung dimulai setelah laporan komandan upacara selesai.

"... 74, kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 siap dimulai," kata dia.

"Lanjutkan," jawab Anies.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dibacakan oleh Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi, dilanjutkan mengheningkan cipta, pembacaan doa oleh Biro Mental dan Spiritual Setda DKI Jakarta Muchlish, dan Pengibaran Bendera merah putih oleh paskibraka. 

Upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, diikuti oleh ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkantor di wilayah Pemprov DKI, perwakilan Satpol PP, Dinas Perhubungan, ormas, hingga perwakilan siswa. 

Rekomendasi