Wiranto: Presiden akan ke Papua Tanpa Diminta

| 30 Aug 2019 17:43
Wiranto: Presiden akan ke Papua Tanpa Diminta
Menko Polhukam Wiranto (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto meminta semua pihak untuk tak mendorong Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi Papua guna meredakan ketegangan atas serangkaian demonstrasi yang berujung kericuhan.

"Presiden enggak usah disuruh ke sana, pasti ke sana. Enggak usah didorong pasti ke sana," kata Wiranto kepada wartawan di media center Kemenkopolhukam, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2019).

Wiranto juga menegaskan, Jokowi tentu akan membawa kebaikan saat berkunjung ke sana meski belum menyebut kapan kunjungan tersebut dilakukan. "Presiden ke sana itu pasti membawa kebaikan," tegas dia.

Ada beberapa catatan penting yang disampaikan Wiranto terkait kondisi terkini di Papua dan Papua Barat. Di antaranya Wiranto mendeteksi ada orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab di balik serangkaian aksi demonstrasi berujung kerusuhan di Papua. 

Catatan lainnya, Wiranto juga menyatakan pemerintah telah mengabulkan tuntutan masyarakat Papua agar pemerintah memproses pelaku pelanggar hukum dalam insiden pengepungan di asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya, demo besar-besaran terjadi di sejumlah tempat di Papua. Demo berujung anarkis ini terjadi sebagai imbas dari aksi rasisme di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Dari kerusuhan tersebut, polisi juga telah menangkap 30 terduga perusuh dalam aksi anarkis di Kota Jayapura, Kamis (29/8). Hingga saat ini, penyidik masih memburu aktor intelektual di balik kericuhan lewat keterangan yang dikorek dari para terduga perusuh.

 

Tags : kkb papua
Rekomendasi