Diplomasi Indonesia Buat Misi Perdamaian di Afganistan Diperpanjang

| 18 Sep 2019 09:49
Diplomasi Indonesia Buat Misi Perdamaian di Afganistan Diperpanjang
Suasana saat Resolusi tentang UNAMA disepakati di DK PBB (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Indonesia berhasil memfasilitasi kesepakatan Resolusi Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa tentang United Nations Mission in Afghanistan (UNAMA). Resolusi ini memperpanjang mandat misi tersebut selama 12 bulan hingga 17 September 2020.

"Diplomasi Indonesia kembali berhasil di Dewan Keamanan (DK) PBB, setelah sukses fasilitasi kesepakatan Resolusi 2489 mengenai peran Misi PBB di Afghanistan," kata Duta Besar Dian Triansyah Djani, Wakil Tetap RI untuk PBB, usai pemungutan suara di New York, Rabu (17/9/2019). 

Djani menambahkan, resolusi ini diprakarsai oleh Indonesia bekerja sama dengan Jerman, dan memuat berbagai dukungan PBB kepada Pemerintah dan Rakyat Afghanistan untuk ciptakan perdamaian serta dorong pembangunan. 

Dia menekankan, untuk mencapai kesepakatan ini bukanlah hal yang mudah. Berkat ketekunan diplomasi Indonesia yang selalu jembatani perbedaan pandangan di DK PBB, ancaman veto dari Anggota Tetap DK PBB berhasil dihindari.

Konsensus ini dicapai karena kepercayaan negara anggota DK terhadap Indonesia dengan politik luar negeri bebas aktifnya, termasuk peran aktif Menlu RI selama ini dalam mendukung perdamaian di Afghanistan. 

Bentuk dukungan tersebut dapat dilihat melalui penyelenggaraan Konferensi Trilateral Ulama RI-Afghanistan di Bogor, Mei 2018 dan keinginan Indonesia untuk dorong peran aktif perempuan Afghanistan.

Semua negara anggota DK PBB sangat menghargai upaya fasilitasi bersama Indonesia dan Jerman yang selama proses negosiasi selalu prioritaskan konsensus. 

Rekam jejak Indonesia yang selalu mengedepankan kesatuan DK PBB dan penyelamatan penduduk sipil, merupakan modal utama untuk mencapai kesepakatan resolusi.

Resolusi ini memberikan mandat baru bagi UNAMA untuk mendukung kapasitas Pemerintah Afghanistan dalam penegakan Hak Asasi Manusia, kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak-anak. Selain itu, UNAMA juga miliki mandat untuk dukung persiapan Pemilu Presiden tanggal 28 September 2019.

Dukungan internasional bagi Afghanistan sangat penting, terlebih jelang Pemilu Presiden yang akan jadi simbol penegakan demokrasi di Afghanistan.

Rekomendasi