“Indonesia berhasil menduduki posisi kelima sebagai eksportir dunia setelah Tiongkok, India, Vietnam, dan Brasil dengan market share-nya di pasar internasional mencapai 4,4 persen,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Ngakan Timur Antara, seperti dikutip dari Kemenperin.go.id, Rabu (8/11/2017).
Pada pembukaan Pameran Kulit, Produk Kulit, dan Alas Kaki 2017, Ngakan menyampaikan, perlunya mempertahankan desain dan penyediaan bahan baku yang memadai. Selain itu, tantangan utama pada sektor ini adalah masih banyaknya konsumen yang memilih membeli produk luar negeri dengan alasan merek lebih terkenal.
“Kita perlu mendorong agar produk lokal kita merajai di tingkat nasional,” ujar Ngakan.
Ngakan menegaskan, perlunya peningkatan kompetensi untuk memenuhi kebutuhan dunia industri.
“Ada tiga faktor yang mendorong industri dapat maju, yakni investasi, teknologi, dan sumber daya manusia (SDM). Ketiga faktor itu harus saling melengkapi,” ucap dia.