Gempa 6,1 SR Guncang Jakarta

| 23 Jan 2018 13:53
Gempa 6,1 SR Guncang Jakarta
Ilustrasi gempa (@infoBMKG)
Jakarta, era.id - Gempa terasa mengguncang di Jakarta dan wilayah sekitarnya. Guncangan pertama kali terasa sekitar pukul  13.34 WIB dan disusul guncangan kedua beberapa saat setelahnya. BMKG mengonfirmasi gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Adapun titik gempa berada di Banten bagian selatan dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan terasa di seluruh Jakarta hingga wilayah Bogor.

"Lokasinya sekitar Banten bagian selatan. Potensi awal gempa sekitar 6,1  skala richter. Nmaun belum rinci," kata Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko, kepada era.id,  Selasa (23/1/2018).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati ketika dihubungi terpisah mengatakan masyarakat diharapkan waspada. Menurutnya, ada kemungkinan gempa susulan terkait gempa yang muncul di 81 km Barat daya Lebak, Banten itu.

Dia mengimbau masyarakat menjauh dari konstruksi bangunan yang rentan roboh. Mereka yang berada di mall atau pusat keramaian meninjau kembali jalur evakuasi jika tiba-tiba gempa terjadi. 

"Masih akan terjadi lagi oleh karena itu masyarakat diimbau tidak mendekati bangunan rumah yang rentan, apakah konstruksi rumah tidak layak. Kemudian harus menyiapkan diri, apakah di dalam mall, harus mengetahui tempat aman. Harus mengetahui evakuasi gempa jika terjadi, menyelamatkan ke mana," lanjut Dwikorita.

Hingga saat ini Dwikorita belum bisa memastikan kapan waktu pasti terkait prediksinya akan adanya gempa susulan.

Tags : gempa
Rekomendasi