Pipa Pertamina Terbakar, Pasokan BBM Bandung Aman

Tim Editor

Pipa Pertamina di Cimahi yang terbakar (dok. RTMC Polda Jabar)

Bandung, Era.id – Ledakan disusul kebakaran terjadi di pipa penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) milik pertamina yang berada di dekat Tol Purwakarta Bandung Cileunyi (Purbaleunyi) KM 130. Api yang membara berada tak jauh dari lokasi proyek Kereta Cepat Indondesia-Cina (KCIC).

Akibat kejadian itu, Pertamina dan pihak terkait langung menginvestigasi penyebab kebarakan yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. 

“Belum diketahui penyebabnya. Kami tidak bisa mengatakan itu kebocoran atau tidak, itu masih dalam proses investigasi. Posisinya itu di pinggir sekitar jalan tol. Jadi kelihatan,” ujar Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR III Dewi Sri Utami saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (22/10/2024).

Menurut Dewi, kondisi pipa yang terbakar sendiri sebelumnya baik-baik saja. Bahkan sejak pekan lalu, Pertamina telah melakukan inspeksi dan pemeriksaan. 

“Pemeriksaan berkala dilakukan. Minggu lalu masih dilakukan pemeriksaan. Hasilnya baik. Tapi apa penyebabnya kita belum tahu karena di daerah itu dilakukan proyek,” katanya.

Sekitar lokasi kejadian tengah dilakukan pengerjaan pilar. Meski demikian belum dipastikan penyebab dari kebakaran tersebut karena masih dalam proses investigasi.

<blockquote class="twitter-tweet" data-lang="en"><p lang="in" dir="ltr">Video kebakaran pipa pertamina di daerah Melong (Cimahi Selatan)<br>--<br>???? <a href="https://twitter.com/MulkiSalman?ref_src=twsrc%5Etfw">@mulkisalman</a><br>--<a href="https://twitter.com/hashtag/bandung?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#bandung</a> <a href="https://twitter.com/hashtag/infobandung?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#infobandung</a> <a href="https://t.co/putxOqjmPx">pic.twitter.com/putxOqjmPx</a></p>&mdash; infobandung (@infobandung) <a href="https://twitter.com/infobandung/status/1186573357296185344?ref_src=twsrc%5Etfw">October 22, 2019</a></blockquote>
<script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Kejadian tersebut terjadi pada pipa yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang, tepatnya di pinggir jalan tol Padalarang - Buah Batu KM 130.

“Nanti kita cek lagi apakah ada pengaruh pemasangan tiang pancang atau apa, kita juga belum tahu. Tapi yang jelas penyebanya kita masih dalam proses investigasi,” terangnya.

Akibat insiden tersebut, aliran BBM di pipa yang terbakar sudah dihentikan pasokannya oleh Pertamina. Kendati demikan, Pertamina memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya masih aman. 

“Kami juga pastikan pasoklan BBM untuk wilayaah Bandung dan sekitarnya dipastikan aman. Kami meminta maaf atas ketidaknyamaman dari dampak kebakaran ini," tutup Dewi.

Ruas Tol Dialihkan

Kebakaran pipa Pertamina dekat Tol Purbaleunyi di kawasan Melong, Kota Cimahi, berampak pada situasi lalu lintas. Sebagian ruas tol ditutup sementara dan diberlakukan pengalihan lalu lintas.

Hingga kini lalu lintas di Tol Padaleunyi menuju Cileunyi ditutup. Arus kendaraan yang melintas kemudian dialihkan keluar menuju Gerbang exit Tol Baros dan Pasteur.

Rekayasa lalu lintas di Tol Padaleunyi arah Jakarta juga dilakukan. Lalu lintas menuju Jakarta dialihkan ke Gerbang Tol Pasir Koja. (Iman Herdiana)

Tag: kebakaran hutan

Bagikan: